Filosofi Batik Motif Bangau: The Signature of Batik Obate

Content Promotion - wolipop Kamis, 09 Jan 2020 14:33 WIB
Foto: Dok. Batik Obate Foto: Dok. Batik Obate
Jakarta - Salah satu satwa yang banyak dikenal oleh masyarakat Asia adalah bangau. Burung berparuh panjang, dengan sayap yang bisa mengepak luas, dan kaki lentik ini merupakan binatang istimewa. Karakteristik bangau membuatnya jadi simbol keberuntungan dan kesetiaan.

Selain itu, bangau juga jadi lambang dari kelembutan, keanggunan, kesabaran, dan semangat juang yang tinggi. Bagi orang Tionghoa, bangau melambangkan umur panjang karena dipercaya bisa berumur sampai 1.000 tahun. Konon pada saat berumur 600 tahun, burung ini tak perlu lagi makan dan minum karena sudah bersifat abadi.

Bangau merupakan simbol keabadian dalam berbagai hal, seperti umur, cinta, usaha, keberuntungan, kebahagiaan, dan lain-lain. Contoh lain di Jepang, masyarakat meyakini bahwa siapa saja yang melipat seribu kertas berbentuk bangau, permohonan atau doanya akan dikabulkan.

Di Indonesia, bangau dapat ditemukan dengan mudah di kawasan pedesaan. Rasa hati kita akan senang dan bahagia saat melihat bangau. Apalagi saat bangau terbang atau mendarat berombongan. Kita seperti melihat permadani putih yang bergerak serentak.

Oleh karenanya, Batik Obate pun dengan bangga menggunakan motif bangau sebagai ikon produksinya. Pemilihan motif bangau sebagai the signature product tentu memiliki pertimbangan tersendiri. Sekurangnya ada tiga pertimbangan yang membuat Batik Obate memilih motif bangau.

Motif Bangau dengan dasar cokelat/Motif Bangau dengan dasar cokelat/Foto: Dok. Batik Obate

Pertama, makna filosofis motif yang bagus dan kuat. Ada banyak karakter baik dalam motif bangau: keberuntungan, kesetiaan, kelembutan, keanggunan, kesabaran, kebahagiaan, dan lambang keabadian cinta.

Apabila batik motif bangau ini diberikan sebagai hadiah kepada keluarga, kerabat, sahabat, maupun relasi, maka batik ini berarti permohonan kebaikan yang melimpah dan keberuntungan yang berlipat bagi penerima hadiah. Dengan demikian batik motif bangau merupakan salah satu rekomendasi gift untuk kamu yang sebentar lagi merayakan Tahun Baru Imlek Tahun 2020.

Desain motif BangauDesain motif Bangau Foto: Dok. Batik Obate

Kedua, bentuk bangau yang unik. Bangau memiliki bentuk yang elegan karena paruhnya yang sangat panjang. Selain itu, juga karena sayapnya yang bisa mengepak luas, dan kaki-kakinya yang lentik, tetapi dapat menjejak dengan sempurna di tanah. Dalam motif batik, bangau dapat dikenakan oleh pria maupun wanita. Bagi pasangan yang mau sarimbitan dengan corak bangau jelas sangat cocok.

Pertimbangan ketiga, motif bangau ini pun dapat digunakan dalam berbagai kesempatan dan suasana, dengan model yang tepat dan pewarnaan yang sesuai, batik motif bangau dapat digunakan dalam suasana duka atau bahagia, dalam situasi formal atau nonformal. Artinya batik motif bangau ini sangat fleksibel dalam berbagai kesempatan. Bahkan batik motif bangau pun dapat digunakan dalam prosesi lamaran pernikahan. Tentu dengan harapan, pernikahannya akan langgeng, setia, penuh cinta dan kebahagiaan.

Motif Bangau dengan warna biru/Motif Bangau dengan warna biru/Foto: Dok. Batik Obate


Motif bangau juga bukan sembarang motif batik. Pengerjaannya tidak bisa asal-asalan. Dari saat proses menggambar dan membuat desainnya, batik motif bangau sudah memerlukan perhatian ekstra.

Sebagai penanggung jawab desain Batik Obate, Chen Wei Chiu atau Wike Gunawan menerangkan bahwa proses menggambar motif bangau memerlukan ketelitian dan kecermatan yang lebih dibandingkan mendesain motif lain.

Ketelitian dan kecermatan itu diperlukan terutama pada saat menggambar paruh bangau yang panjang dan kakinya yang lentik. Semua ukurannya harus proporsional sesuai aslinya. Kalau paruh tidak panjang dan kaki tidak lentik, kesan elegan sang bangau pun akan hilang.

"Belum lagi kalau bangaunya sedang terbang dengan sayap mengepak. Penggambaran bangau harus dimulai dari awal lagi demi kualitas terbaik dan kepuasan para pelanggan Batik Obate," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/1/2020).

Nah bagi yang tertarik untuk mengoleksi dan menggunakan batik dengan motif bangau. Datang saja ke Batik Obate di Ruko Simprug Gallery Unit Blok S, Jl. Teuku Nyak Arief No. 10, Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12220, contact phone di +6221 2923 6604 atau message di +62813 1094 6267 dengan update produk-produk di web batikobate.com.

Para pengguna medsos juga bisa mengecek update Batik Obate lewat Instagram @batikobate atau Facebook Batik Obate. Demi menghindari pembajakan, pada setiap produk yang dirilis Batik Obate terdapat nama Chen Wei Chiu. (ads/ads)