Investasi Sneakers

Ini Merek Sneakers yang Jadi Investasi di Indonesia, Bisa Cuan Puluhan Juta

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 14 Sep 2019 12:29 WIB
Foto: Dok. Nike Foto: Dok. Nike

Jakarta - Investasi sneakers kini jadi tren di kalangan milenial khususnya anak hypebeast. Dari membeli sneakers dan menjualnya kembali, mereka bisa dapat cuan hingga puluhan juta rupiah.

Keuntungan investasi sneakers dirasakan oleh salah satu anggota grup musik RAN, Rayi Putra. Rayi sebenarnya bukan membeli sneakers untuk investasi. Dia adalah seorang sneakerhead atau kolektor sneakers. Dia pernah sampai mempunyai 150 pasang sneakers.

Jumlah sepatu yang melebihi kapasitas lemari penyimpanan di rumahnya yang kemudian membuatnya mau tidak mau melepas atau menjual beberapa sneakersnya. "Kalau misalnnya slotnya sudah penuh dan memang harus ada yang dikeluarkan dan kadang yang sudah sering aku pakai, aku jual aja dan ngejualnya bahkan di atas dari harga ritel. Sudah macam-macam banget karena sudah banyak yang aku jual juga. Bisa sampai 3-4 kali lipat dari harga tokonya," kata Rayi saat berbincang dengan Wolipop di Cilandak Town Square, Jumat (14/9/2019).

Sebagai seorang sneakerhead, Rayi pun memiliki sneakers yang memiliki nilai investasi tinggi. Sneakers tersebut adalah Nike Air Yeezy. Merek sepatu dari Kanye West ini sebelum berkolaborasi dengan Adidas, merilis koleksi perdananya bersama Nike.

Ini Merek Sneakers yang Jadi Investasi di Indonesia, Bisa Cuan Puluhan JutaFoto: Nike Air Yeezy 2 'Red October'
"Sekarang kan Yeezy sama Adidas, dulu Kanye West sama Nike, dia punya Air Yeezy sama Nike. Waktu itu aku beli harga ritelnya Rp 3 juta kurang lebih segitu, terus aku jual Rp 12 juta," kisah Rayi.

Selain merek Nike Air Yeezy, jenis sneakers lain yang juga bisa jadi investasi adalah sepatu Air Jordan 1 High 'Travis Scott'. Sepatu kolaborasi Nike dengan kekasih Kylie Jenner, rapper Travis Scott itu, diungkapkan Rayi, harga jualnya sudah lebih dari Rp 20 juta. Padahal saat pertama kali dirilis sneakers tersebut dijual dengan harga ritel hanya Rp 2,5 juta.

Sneakers lain yang juga bernilai tinggi dari harga ritelnya adalah Off-White x Air Jordan 1. Sepatu tersebut merupakan kolaborasi Nike dengan label Off-White yang didirikan desainer Virgil Abloh.

Ini Merek Sneakers yang Jadi Investasi di Indonesia, Bisa Cuan Puluhan JutaFoto: Ist.


Liando, salah satu pemilik toko sneakers mengatakan harga Off-White x Air Jordan 1 saat pertama kali dirilis hanya Rp 2 juta. "After market-nya jadi Rp 17 juta, sekarang 2019, sudah di angka Rp 80-90 juta bahkan ke depannya bisa di angka Rp 100 juta. Karena sneakers itu rilis cuma sekali, hanya tahun 2017.Orang yang mau banyak sedangkan supply-nya itu sedikit banget, otomatis harganya semakin naik," kata Liando saat ditemui di tokonya di Gandaria City, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Merek Air Jordan lainnya yang dirasakan Leslie memiliki nilai jual tinggi adalah Air Jordan colorways. "Artinya Air Jordan yang Jordannya sendiri pakai dulunya. Awal beli Rp 2 juta, terus dijual lagi Rp 15 juta," ujarnya.

Selain merek-merek internasional, rupanya ada juga sneakers lokal yang kini jadi incaran kaum hypebeast di Indonesia. Sneakers lokal yang kini sedang fenomenal di kalangan sneakershead diungkapkan oleh M. Refzu Fadhangi, penggagas event Indonesia Sneaker Yes, adalah merek Sepatu Compass.

[Gambas:Instagram]

"Dia memang sistem rilis yang stock sepatunya terbatas, dan harganya memang gila-gilaan. Dan pada antre untuk ngedapetin. Dia mirip sama Vans, karena stocknya cuman sedikit dan orang kepengin banget itu pasti dibayar berapa pun harganya," kata Rezfu yang akan menggelar Indonesia Sneaker Yes pada akhir tahun ini.

Simak Video "Koleksi Sneakers, Investasi Kekinian Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)