2 Model Bela Victoria's Secret Setelah Keluar Petisi Soal Pelecehan Seks

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 12 Agu 2019 08:28 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Para Victoria's Secret menandatangani surat terbuka untuk perusahaan lingerie tersebut agar melindungi modelnya dari pelecehan seksual. Surat terbuka tersebut menyerukan agar Victoria's Secret memberikan perlindungan lebih untuk modelnya terhadap pelanggaran seksual yang kerap terjadi akhir-akhir ini di industri modelling.

Organisasi Model Alliance telah mengumumkan ada lebih dari 100 model yang menandatangani petisi tersebut untuk John Mehas, bos dari label lingerie tersebut. Di Instagram Model Alliance tertulis, "Kami telah mendengar ada pelecehan seksual, dugaan perkosaan dan perdagangan seks model dan calon model. Walaupun dugaan ini tidak ditujukan kepada Victoria's Secret secara langsung, namun sudah jelas bahwa perusahaan Anda memiliki peranan penting dalam memperbaiki situasi ini."

Surat terbuka tersebut merujuk pada tuduhan pelanggaran seksual oleh sejumlah fotografer imur Emek, David Bellemere dan Greg Kadel yang sebelumnya pernah bekerja dengan Victoria's Secret. Belum lagi adanya kasus pelecehan seksual oleh investor Jeffrey Epstein yang menyamar sebagai perekrut untuk katalog Victoria's Secret.



Namun dua model yang telah bekerja bertahun-tahun dengan Victoria's Secret tidak setuju dengan petisi yang tengah viral tersebut. Menurut dua Victoria's Secret Angel and Sara Sampaio tidak adil memojokkan perusahaan lingerie tersebut.
Victoria's Secret Angel Lais RibeiroVictoria's Secret Angel Lais Ribeiro Foto: Instagram @laisribeiro

"Ini tidak adil! Saat aku menceritakan pengalamanku dengan (fotografer) David Bellemere, keesokan harinya dia dipecat. Mereka merupakan brand yang paling menghormati. Aku pikir kalian harus tahu sejarahnya dulu sebelum memberikan tuduhan," komentar Lais Ribeiro di Instagramnya.

Begitu juga dengan model Portugis Sara Sampaio yang mengungkapkan bahwa surat terbuka yang ditujukan untuk Victoria's Secret tidak tepat. Bagi Sara, petisi tersebut seharusnya ditujukan untuk agensi model.
Sara SampaioSara Sampaio Foto: Getty Images


"Banyak dari pelecehan seksual terjadi sebelum pemotretan pada model yang tidak pernah bekerja dengan Victoria's Secret oleh orang-orang yang berpura-pura bekerja di perusahaan tersebut, padahal tidak pernah bekerja. Bagaimana Victoria's Secret atau perusahaan lain dituntut untuk melindungi model yang tidak bekerja untuk mereka?" tulis Sara di media sosialnya.

"Victoria's Secret telah memecat fotografer ketika model mereka komplain. Jika kamu ingin melindungi model dari pelecehan seksual maka tujuan untuk agen dan agensi! Karena mereka menjadi sumber utama yang membuat model dilecehkan," tambah Sara.

Netizen nyatanya tidak sepaham dengan dua model seksi itu. Para netizen setuju dengan isi surat terbuka tersebut agar model dan calon model dilindungi.

"Victoria's Secret bisa menjadi pemimpin untuk lingkungan yang sehat untuk semua model dan calon model," komentar netizen.




Simak Video "Curhatan Model China yang Jatuh di Fashion Show Victoria's Secret"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)