Pertamakalinya, Ivan Gunawan Rancang Gaun Mewah Bergambar Doraemon

Alissa Safiera - wolipop Kamis, 14 Feb 2019 10:53 WIB
Foto: Muhammad Abduh/Wolipop Foto: Muhammad Abduh/Wolipop

Jakarta - Ivan Gunawan menawarkan karya terbaru yang berbeda dari biasanya. Bertema Kuroba, koleksi busana rancangan Ivan menyelipkan sosok animasi Doraemon yang dikemas mewah.

Ivan Gunawan membuka pekan mode Doraemon pertama di Indonesia, bahkan Asia, bernama Modo 2019. Sebanyak 30 set busana ditampilkan desainer yang juga presenter ini. Uniknya, terselip karakter Doremon dari mulai print busana hingga aksesorinya.

"Sosok Doraemon itu sosok yang detail dan perfeksionis. Jadi dia nggak mau bentuknya itu direka-reka. Ada pakemnya. Jadi project ini saya baru sekali saya kerjakan 1 tahun lamanya," ungkap Ivan Gunawan menjelaskan konsep di balik karya terbarunya di Nomz, Grand Indonesia, Rabu (13/2/2019).

Pertamakalinya, Ivan Gunawan Rancang Gaun Mewah Bergambar DoraemonFoto: Dok. Moh. Abduh/Wolipop

Diambillah tema Kuroba, atau berarti 'sayap hitam' yang oleh Ivan digambarkan sebagai bentuk imajinasinya pada era kejayaan kartun Doraemon. "Doraemon punya kantong ajaib, saya punya imajinasi ajaib," timpal desainer yang akrab disapa Igun.

Pada 30 set busana yang ditawarkan, 25 di antaranya adalah busana wanita dan 5 lainnya busana pria. Tiap busana pun disajikan melalui sekuen yang mengalir. Dari gaun cocktail yang chic dengan potongan A-line, busana pria bergaya street style yang sporty, potongan busana dengan detail 'nyeleneh' hingga gaun malam panjang mewah sebagai penutupnya.

"Sosok Doraemon tetap bisa nempel di baju saya tapi looknya gak kartunis. Looknya bisa tetap glam, edgy elegan. Motif print yang saya buat dari siluet-siluet tokoh Doraemon," tambah Ivan.

Karakter Doraemon dibuat Ivan sebagai motif print di busananya. Agar tidak terkesan kekanakkan, Ivan mengkreasikannya dengan siluet tubuh karakter. Ada pula gaun hadir dengan bordir karakter Doraemon.

Bahan yang digunakan pun beragam, mulai dari katun, netting, brokat, tulle, velvet hingga PVC. Seluruhnya hadir dengan warna hitam, putih dan sedikit sentuhan emas. Koleksi Ivan kali ini mengedepankan siluet lurus, longgar, hiasan ruffle besar juga bertumpuk untuk menggambarkan gaya khas Harajuku yang edgy.

Tidak semua karya Ivan menghadirkan tokoh Doraemon di atasnya. Namun ciri khas Doraemon tetap dimunculkan melalui pilihan aksesori sebagai benang merah tema koleksi.
Pertamakalinya, Ivan Gunawan Rancang Gaun Mewah Bergambar DoraemonFoto: Dok. Moh. Abduh/Wolipop

Adalah desainer aksesori Rinaldy A Yunardi yang dipilih Ivan untuk berkolaborasi. Desainer yang akrab disapa Yung Yung ini membuat aksesori kepala berupa baling-baling bambu dari metal emas, hingga belt yang mirip kalung lonceng merah milik Doraemon.

Satu tahun Ivan mengerjakan koleksinya kali ini. Baginya, menghadirkan karakter kartun seperti Doraemon adalah sebuah tantangan besar.

"Ide ini sudah dicanangkan dari setahun lalu. Ada baju yang memang saya kerjakan berbulan-bulan. Pemikirannya itu dari konsep, detail yang mau saya suguhkan. Saya membuat apa-apa lebih ke spontan dari apa yang saya rasakan. Apalagi kita berkaitan dengan imej, sosok yang sudah ada pakemnya nggak bisa kita ubah-ubah," pungkas Ivan.
Pertamakalinya, Ivan Gunawan Rancang Gaun Mewah Bergambar DoraemonFoto: Muhammad Abduh/Wolipop

(asf/asf)