Bra Bisa Dicuci Setelah 2-3 Kali Pakai, Beda Dengan Kaus Kaki

Silmia Putri - wolipop Senin, 07 Jan 2019 08:19 WIB
Foto: Unsplash/Matlas Dubini Foto: Unsplash/Matlas Dubini

Jakarta - Seberapa sering kamu mencuci kaus kaki? Lebih sering mana, mencuci kaus kaki atau underwear? Setiap produk busana mulai dari baju hingga celana memiliki waktu pemakaian berbeda-beda. Hal ini bergantung pada jenis kain, fungsi pemakaian, dan cuaca.

Berikut ini adalah panduan waktu mencuci dan pemakaian busana mulai dari baju hingga kaus kaki. Waktu pencucian terbagi menjadi empat kategori, setelah sekali pakai, tiga kali pakai, dan hanya ketiga kotor saja.

Dicuci Setiap Kali Pakai

Ada banyak jenis produk fashion yang harus dicuci setelah sekali pemakaian. Pertama adalah T-shirt. T-shirt yang berbahan kaos biasanya menyerap keringat. Selanjutnya adalah kaos kaki, sama dengan T-shirt, kaos kaki juga menyerap keringat dan bisa cepat bau.

Selanjutnya adalah busana berbahan silk, celana legging, dan celana dalam. Bra justru tidak masuk kategori ini. Jadi, jika kamu memakai kaus kaki setiap hari, yang harus lebih sering dicuci adalah kaus kaki daripada bra.

Dicuci Setelah Tiga Kali Pakai

Ada beberapa barang yang boleh dicuci setelah dua-tiga kali pakai seperti bra, dress, jumpsuit, sweater atau outerwear. Begitupun dengan piyama atau baju tidur. Mereka bisa dicuci setelah dua hari, tergantung keringat yang kita hasilkan setiap malam.

Selain itu, aksesori seperti scarf dan hijab, sarung tangan, dan topi juga sebaiknya dicuci setelah 3 kali pakai. Jika jarang dipakai, kamu bica mencucinya setelah lima kali pemakaian.


Dicuci Ketika Kotor atau Bau Saja

Ada pula barang yang tidak harus selalu dicuci. Contohnya adalah sepatu, coat, dan celana jeans. Justru, celana jeans tidak disarankan dicuci sering-sering karena akan cepat rusak.

Barang yang hanya dicuci saat kotor saja ini justru memerlukan perawatan khusus saat pencucian. Contohnya saja sepatu sneakers yang perlu deterjen khusus agar tidak cepat rusak, atau coat berbahan tebal yang tidak bisa dicuci dalam mesin cuci.
(dtg/dtg)