Debut Virgil Abloh 'Off-White' di Louis Vuitton, Kanye West Menangis

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 22 Jun 2018 13:42 WIB
Kanye West dan Virgil Abloh Off-White di fashion show Louis Vuitton. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images) Kanye West dan Virgil Abloh 'Off-White' di fashion show Louis Vuitton. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)

Paris - Virgil Abloh, desainer di balik label Off-White, menampilkan koleksi busana pria pertamanya untuk Louis Vuitton, di Paris Fashion Week, Kamis (21/6/2018). Sebuah presentasi yang mengundang haru Virgil dan mentornya, Kanye West.

Maret lalu, Louis Vuitton membuat sebuah pengumuman yang mengejutkan. Rumah mode berusia 164 tahun itu menunjuk Virgil sebagai direktur artistik divisi busana prianya, menggantikan Kim Jones yang hijrah ke Dior.

Baca Juga: Tamu Membeludak, Fashion Show Off-White Sempat Ricuh

Busana serba putih membuka fashion show perdana Virgil Abloh 'Off-White' untuk Louis Vuitton.Busana serba putih membuka fashion show perdana Virgil Abloh 'Off-White' untuk Louis Vuitton Menswear. (Foto: Getty Images)

Virgil, yang dilahirkan di Amerika Serikat dari orangtua berdarah Ghana, menjadi desainer berkulit hitam pertama yang memegang jabatan berprestise itu di Louis Vuitton. Menariknya, pria 38 tahun itu bukan lulusan sekolah mode, melainkan menimba ilmu di bidang arsitek dan teknik.

Namun, kiprahnya di dunia fashion sudah terbukti berkat kesuksesan Off-White, sebuah label streetwear eksklusif yang didirikan lima tahun silam. Dengan segala latar-belakangnya yang menarik itu, karya pertama Virgil untuk rumah mode yang dikenal dengan imej luksnya tersebut menjadi sangat dinantikan.

Baca Juga: Bos Louis Vuitton Orang Terkaya di Industri Fashion, Kalahkan Mark Zuckerberg
Bella Hadid dan Naomi Campbell di front-row Louis Vuitton. Turut hadir Kim Kardashian, Kanye West, dan Rihanna.Bella Hadid dan Naomi Campbell di front-row Louis Vuitton. Turut hadir Kim Kardashian, Kanye West, dan Rihanna. (Foto: Getty Images)
Virgil yang juga pernah berkolaborasi dengan Nike hanya memiliki waktu kurang dari empat bulan untuk menyiapkan koleksi busana pria Louis Vuitton perdananya. Dalam waktu yang terbilang singkat itu, lahirlah 56 tampilan busana (look) yang dipresentasikan di Taman Palais-Royale, salah satu lokasi bersejarah di Paris, Prancis.

Deretan busana pria serba putih mengawali fashion show bertaburan bintang tersebut (duduk di 'singgasana' front-row, deretan selebriti papan atas, mulai dari Kanye West, Kim Kardashian, Rihanna, Bella Hadid, sampai Chadwick Boseman). Sudah bisa ditebak bahwa garis desain Virgil yang urban minimalis akan sangat mendominasi.

Rompi dengan kantong berbentuk tas kecil yang dihiasi monogram 'LV'.Rompi dengan kantong berbentuk tas kecil yang dihiasi monogram 'LV'. (Foto: Getty Images)
Hadir deretan setelan oversized dengan sentuhan tailoring yang akan sangat cocok bagi klien Louis Vuitton dengan karakteristik gaya yang formal dan chic. Beberapa di antaranya tampil dengan rompi berkantong yang bentuknya menyerupai tas kecil dengan motif monogram 'LV' sehingga memberi kesan urban dan kekinian.

Virgil pun mencoba mengakomodasi 'kebutuhan' gaya para milenial lewat permainan tabrak warna yang mencolok serta detail-detail jenaka pada aksesori ikonik. Misalnya tas Petit-Malle, versi mungil dari koper monogram LV, yang diberi aksen pengait rantai oranye neon.

Baca Juga: Gaya 7 Artis Indonesia Pakai Dad Sneakers Louis Vuitton Rp 15 Juta

Tas Louis Vuitton Petit-Malle versi Virgil Abloh.Tas Louis Vuitton Petit-Malle versi Virgil Abloh. (Foto: Getty Images)
Mengingat aksesori adalah produk andalan Louis Vuitton, Virgil pun melansir banyak deretan tas 'signature' Louis Vuitton dalam tampilan yang baru. Salah satu yang mencolok perhatian adalah tas seri Keepall yang muncul dalam material transparan.

Tas Kepall Louis Vuitton yang hadir dengan material transparan.Tas Keepall Louis Vuitton yang hadir dengan material transparan. (Foto: Getty Images)
Menunjukkan batang hidungnya di sesi finale, Virgil tiba-tiba menangis haru di tengah tepuk tangan riuh para tamu. Ia lalu menghampiri Kanye West dan langsung memeluk sang rapper yang pernah menjadi mentor sekaligus rekan saat magang di Fendi. Kanye pun tak dapat membendung air mata harunya.



Bagi ayah dua anak ini, fashion show tersebut sangatlah personal. Bukan sekadar sebuah presentasi busana, tapi juga sebuah bukti konsistensi dan dedikasi yang berbuah kesuksesan. Usai peragaan, Virgil mengunggah foto dirinya saat finale di catwalk berwarna pelangi itu. Dalam keterangan fotonya ia menulis, "You can do it too..."

you can do it too...

A post shared by @ virgilabloh on Jun 21, 2018 at 7:30am PDT



(dtg/dtg)