Selasa, 27/03/2018 13:01 WIB

Desainer Off-White Virgil Abloh Gabung ke Louis Vuitton

Alissa Safiera - wolipop
Desainer Off-White Virgil Abloh Gabung ke Louis Vuitton Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Virgil Abloh, pria di balik sukses label hypebeast Off-White dan creative director Kanye West, kini makin menggaungkan namanya dengan terpilih sebagai artistic director untuk lini menswear Louis Vuitton.

Kabar ini diumumkan Louis Vuitton pada Senin pagi lalu. "Bagiku ini adalah kolaborasi yang luar biasa," kata Virgil Abloh kepada New York Times.

Virgil menggantikan posisi Kim Jones yang kini memegang Dior Homme. Sosok Virgil pun menjadi keturunan Afrika-Amerika pertama yang memegang jabatan tinggi di Louis Vuitton.

Awal karier sang desainer bermula dari ide-ide kreatifnya untuk rapper Kanye West. Kanye-lah yang mengenalkan industri mode pada Virgil, teman yang sudah 14 tahun menjadi fashion advisor dan creative director bagi suami Kim Karadashian ini.

"Aku sedang bekerja dan tiba-tiba mendapat telepon dari Kanye West. Dia bilang: 'Hey, aku dengar tentang seorang pria dari Chicago yang bisa desain dan mengerti musik," terang Virgil Abloh mengenang pertemuannya dengan Kanye West.

Perkenalan keduanya mengubah Kanye West menjadi seorang ikon mode hingga saat ini. Sejak Virgil Abloh bekerja untuknya, Kanye mulai dipandang sebagai seorang fashionista, diundang ke berbagai fashion show dunia hingga masuk dalam daftar pria berbusana baik.
Desainer Off-White Virgil Abloh Gabung ke Louis VuittonFoto: Dok. Getty Images

Di 2012, Virgil lalu mulai membuat lini fashion yang saat ini menjadi incaran kaum hypebeast, yakni Off-White. Baginya, Off-White bukan hanya bicara soal fashion, melainkan caranya menyampaikan opini dan kritik terhadap dunia.

"Off-White, ada di antara hitam dan putih, tapi versiku di antara itu ada opiniku. Itu seperti kanvas kosong, sepotong busana Off-White bisa dibentuk sedemikian rupa oleh para seniman agar memiliki nilai dan arti. Off-White adalah versi modern dari sebuah brand fashion. Ini seperti kuda Trojan bagiku," ungkap Virgil yang dikutip dari Refinery29.

Virgil mengatakan bila peran barunya untuk Louis Vuitton tidak akan membuatnya berhenti merancang Off-White. Ia pun sudah memiliki rencana untuk membuat karyanya masuk dalam rumah mode legendaris sekelas Louis Vuitton dengan membuat 'kode-kode baru'.

"Kesempatan ini untuk memikirkan apa yang akan menjadi bagian dari desain dan kemewahan berikutnya pada merek yang mewakili puncak kemewahan, ini selalu menjadi tujuan dalam mimpi terliar saya," kata Virgil."

Dengan masuknya Virgil Abloh dalam keluarga Louis Vuitton, terlihat bila LV semakin gencar menyasar pasar anak muda sekarang ini. Sebelum menggandeng Virgil Abloh, LV pernah merilis koleksi kolaborasi dengan brand hypebeast lainnya, yaitu Supreme di tahun 2017 lalu. (asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177