Mewahhh! Harga Seragam SD Negeri Ini Bisa Buat DP Mobil

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 09 Feb 2018 14:13 WIB
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna

Tokyo - Apa jadinya kalau murid-murid sekolah dasar negeri wajib memakai seragam buatan desainer terkenal?

Taimei Elementary School, sebuah sekolah dasar negeri yang berlokasi di distrik perbelanjaan elite Ginza di Tokyo, Jepang, tengah menjadi sorotan menyusul rencana pemberlakuan seragam baru bari para muridnya.

Bukan sembarang seragam lantaran dirancang oleh desainer ternama Italia, Giorgio Armani, yang butiknya hanya berjarak 200 meter dari sekolah tersebut.

Butik Armani di Ginza, Tokyo.Butik Armani di Ginza, Tokyo (Foto: Junko Kimura/Getty Images)
Untuk menebus seragam itu, orangtua dibebankan iuran sebesar 80 ribu yen atau sekitar Rp 10 juta. Harga tersebut tiga kali lipat dari harga seragam sekarang. Saragam ini nantinya wajib dipakai oleh semua murid baru yang masuk saat tahun ajaran baru April mendatang.

Banyak orangtua yang merasa keberatan dengan aturan tersebut. Mereka tak rela mengeluarkan uang sebesar itu hanya untuk sebuah seragam.

"Saya terkejut dan berpikir kenapa bisa seragam rancangan desainer terkenal dipilih untuk sebuah sekolah dasar negeri," kata orangtua murid yang enggan menyebut namanya, seperti dikutip Huffington Post.

Desainer Giorgio Armani di butiknya. Desainer Italia Giorgio Armani di butiknya. (Foto: Junko Kimura/Getty Images)
Orangtua lainnya khawatir kalau anak-anak akan menyalahartikan aturan tersebut. "Takutnya anak-anak akan berpikir bahwa semua yang baik itu harus mahal, dan sesuatu yang murah pasti jelek," kata orangtua tersebut.

Kritikan tersebut rupanya sudah sampai di telinga pihak sekolah. Dalam surat tanggapannya, Kepala Sekolah Toshitsugu Wada memberi alasan di balik keputusan tersebut.

Ia mengatakan, Taimei sudah seperti ikon di Ginza. Maka, pemberlakuan seragam Armani diharapkan dapat menciptakan atmosfer yang sesuai dengan citra Taimei.
(dtg/dtg)