Tips Merawat Tas Mahal Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Anggi Mayasari Violita Utami - wolipop Kamis, 16 Mar 2017 07:42 WIB
Foto: dok. Louis Vuitton
Jakarta - Selain makeup dan busana, aksesoris seperti tas kini menjadi elemen penting untuk menyempurnakan penampilan wanita. Bahkan sebagian dari mereka rela mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli tas mewah bermerek demi gaya dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun jika sembarangan merawatnya, tas yang sudah dibeli mahal-mahal bisa cepat rusak. Berikut tips merawat tas agar awet dan tahan lama menurut Felin Natalia, ahli perawatan barang mewah.

1. Simpan di Tempat Sejuk
Sebaiknya simpan tas di suhu ruangan seperti di tempat sejuk dan ber-AC. Hal itu dapat mempertahankan kelembapan bahan tas. Jika menyimpannya di tempat gelap dan terlalu lembab, itu dapat menyebabkan tas berjamur. Simpanlah produk fashion itu dengan membungkusnya di kantong khusus namun jangan terlalu rapat agar kulit tas tidak mengelupas.

"Tapi lebih efektif lagi jika sering di-angin-anginin. Kalaupun membungkus tas dengan rapat, jangan lupa untuk sering-sering membukanya, karena biasanya orang-orang lupa untuk membukanya dan ternyata kulit tasnya mengelupas," ujar Felin di Leaf Connoisseur Pacific Place, Jakarta Pusat, Rabu, (15/3/17).

2. Hindari Mencuci Tas Sendiri
Banyak orang ingin membersihkan tas dengan mencuci sendirinya di rumah menggunakan detergen. Tapi itu jangan dilakukan karena justru akan menyebabkan tas rusak. Jika merasa tas kotor, lebih baik dilap menggunakan air bersih. Kandungan detergen sendiri bisa menyebabkan warna tas cepat pudar.

"Sebenarnya kalau punya chemical-nya sendiri boleh, tapi kalau tidak punya mending jangan dilakukan, karena takut barangnya rusak. Soalnya sering orang tidak tahu kalau tasnya tidak boleh dicuci pakai detergen," ucap Felin yang juga merupakan owner dari Momoko Bag & Shoes Spa Indonesia

3. Hindari Pemakaian Tisu Basah Untuk Membersihkan Tas
Ketika tas tak sengaja terkena noda, biasanya kebanyakan wanita segera membersihkannya dengan tisue basah. Namun hal tersebut justru akan membuat warna tas terlihat pudar. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan tas dengan menggunakan tisu kering atau kain yang dibasahkan dengan air.

"Jangan pakai tisu basah. Karena tisu basah mengandung alkohol. Kalau tas itu berbahan kulit maka warnanya akan hilang. Untuk sekali dua kali pemakaian tisu basah tidak apa tapi nanti akan kelihatan sendiri warnanya itu pudar dan bakal cepat kuning. Karena saya juga coba dari tisu basah ternyata bagusan dengan air dan kain saja," kata Felin.

4. Lakukan Perawatan Khusus
Sesekali lakukanlah perawatan khusus pada tas bermerek agar kualitasnya terjaga. Felin mengungkapkan tas yang sering dipakai dan sering terpapar sinar matahari akan menyebabkan warnanya cepat hilang. Untuk itu, pergi ke tempat perawatan khusus tas menjadi adalah langkah yang bijak.

"Sama juga sih kalau kita keluar tapi tidak pernah pakai sunblock atau lotion, kulit kita bakalan hancur. Tapi kalau kamu merawat tas dengan kasih dia treatment sekali, itu membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan dan melindungi tas dari kerusakan," katanya. (ami/ami)