Kiat Menentukan Ukuran Bra Yang Tepat

- wolipop Minggu, 11 Apr 2010 17:09 WIB

Jakarta - Kesalahan menentukan ukuran bra dapat membuat selusin koleksi bra Victoria's Secret Anda terlihat percuma. Harapan ingin terlihat menakjubkan, justru sebaliknya. Agar tidak salah dalam memilih bra, ikuti panduan berikut.

Cara menentukan ukuran bra adalah dengan mengukur lingkar badan tepat di bawah payudara. Satuan panjang yang digunakan adalah inchi, bukan centimeter.

Jika Anda mendapatkan hasil yang ganjil, maka naikkan satu inchi agar menjadi genap. Misalnya lingkar badan di bawah payudara Anda adalah 31 inchi, bulatkan menjadi 32.

Kemudian ukurlah lingkar payudara Anda. Selisih lingkar payudara dengan lingkar di bawah payudara menentukan cup yang pas untuk membungkus payudara Anda.

Jika lingkar payudara Anda 35, maka selisih antara lingkar payudara dengan lingkar di bawah payudara adalah tiga inchi. Artinya cup yang cocok untuk Anda adalah cup C. Hal ini dikarenakan setiap satu inchi hasil selisih perbedaan antara lingkar payudara dengan lingkar di bawah payudara mewakilkan cup pada bra. Satu inchi untuk cup A, dua inchi untuk cub B dan seterusnya.

Setelah mendapatkan ukuran bra yang tepat, bukan berarti Anda terus-terusan membeli bra dengan ukuran yang sama dari waktu ke waktu. Masih ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan lagi.

Dalam membuat cetakan cup, setiap brand bra tidak menggunakan manekin melainkan orang sebagai model untuk mengukur bra buatan mereka. Sehingga sebagian orang cocok dan pas menggunakan sebuah brand tertentu, tetapi kurang cocok dengan brand lainnya.

Bentuk tubuh dapat berubah sewaktu-waktu karena perubahan hormon, naik-turunnya berat badan dan penuaan. Oleh karena itu lakukan pengukuran ulang setiap enam bulan hingga satu tahun.

Last but not least, daya pakai bra memiliki umur yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari bahan, jahitan, pemakaian dan perawatan. Bra yang sudah usang akan kehilangan bentuk dan keelastisannya. Itu tandanya Anda harus membeli bra baru.




(af1/kee)