ADVERTISEMENT

Viral Verificator

Viral Tanda Tangan Unik di KTP Bentuknya Anime, Ini Kata Pemiliknya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 10 Des 2022 07:00 WIB
Beredar viral tanda tangan di KTP gambar anime jadi sorotan warganet di media sosial. Beredar viral tanda tangan gambar anime unik di media sosial. Foto: Dok. Facebook Candra Dwiyanto (Chancil).
Jakarta -

Tanda tangan menjadi penting karena berfungsi sebagai identitas dan keabsahan atau sah tidaknya sebuah dokumen. Biasanya tanda tangan merupakan gaya tulisan tertentu dari nama seseorang.

Namun tanda tangan yang viral ini berbeda. KTP seorang pria viral karena bentuk tanda tangannya adalah gambar anime. Postingan tentang pria yang memiliki tanda tangan gambar anime itu awalnya diunggah oleh akun Facebook Candra Dwiyanto. Kemudian foto tanda tangan KTP gambar anime itu diunggah ulang di akun TikTok humor @ndagels dan langsung menjadi sorotan warganet di media sosial.

Dalam unggahan tersebut Candra memperlihatkan gaya tanda tangannya dengan gambar anime, di buku tabungan, KTP dan ijazah. "Tiap tanda tangan untuk keperluan administrasi sering dikira bercanda, padahal ini memang tanda tangan resmi di KTP, ijazah dan buku tabungan," tulis akun Facebook Candra Dwiyanto.

Postingan Candra yang memperlihatkan foto tanda tangannya itu sudah mendapatkan 41,7 ribu Likes. Warganet yang berkomentar mengira tanda tangan Candra editan. Ada juga yang mengapresiasi Candra karena kreatif.

"Kasihan anaknya nanti, susah niruin tanda tangan bapaknya🤣," ngakak akun @dewahoya.

"Wibu banget sampai masuk ke sela-sela kehidupannya," ucap pengguna Twitter @ruakaaaa.

"Pake paraf kak, bentuknya "jari peace" aja," saran akun @agmptra.

"Anti mainstream banget tanda tangannya gemezz wkwk," timpal akun @NeoJoahe.

"Enak nya kalau punya sense of nggambar.. sangat iri dengan ability nya ini," kata akun @caradhras03.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Candra Dwiyanto atau akrab disapa Chancil, pria yang tanda tangan di KTP viral karena bentuknya gambar anime. Pria yang bekerja sebagai freelance graphic designer & illustrator ini menjelaskan soal tanda tangannya yang unik.

"Benar itu KTP saya, jadi di postingan itu saya berniat menjelaskan banyak pertanyaan teman-teman saya yang tidak percaya bahwa itu tanda tangan asli saya di dokumen resmi," ungkap Chancil kepada Wolipop lewat pesan singkat.

Chancil yang tinggal di Jakarta Selatan ini terkejut ketika unggahan foto tanda tangannya menyebar luas di media sosial. "Saya cukup kaget ketika postingan yang awalnya di Facebook itu viral, tapi juga sedikit lega karena akhirnya mereka paham bahwa itu benar tanda tangan resmi saya, semoga tidak ada yang mempertanyakan kembali ke depannya," ucap Chancil dengan ramah.

Foto Candra Dwiyanto.Foto Candra Dwiyanto. Foto: Dok. Instagram @chancil.chan.

Chancil yang mengawali karier profesionalnya pada tahun 2012 di sebuah perusahaan garment dari Hong Kong sebagai desainer grafis ini mengungkapkan ide di balik tanda tangannya.

"Sejak kecil saya memang sudah bermimpi untuk menjadi seniman grafis di masa datang. Saya pikir membuat tanda tangan seperti itu bisa menjadi ajang untuk berlatih menggambar, karena tiap kali saya membuat tanda tangan, saya harus menggambar kepala karakter tersebut, yang merupakan pencitraan visual dari diri saya sendiri," tutur nya panjang lebar.

Chancil sendiri dikenal karena karya ilustrasinya yang memiliki gaya novel namun ada ciri khas budaya dan ornamen ala Indonesia. Karya-karyanya yang unik dan kreatif sempat viral di dalam dan luar negeri.

Foto Candra Dwiyanto.Foto Candra Dwiyanto bersama dengan James Taylor, Director of Communications and Freedom to Publish, International Publishers Association.. Foto: Dok. Instagram @chancil.chan.

Ia juga pernah membuat ilustrasi tokoh dunia hingga pejabat Tanah Air, salah satunya Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto dalam gambar anime yang viral di media sosial.

(gaf/eny)