ADVERTISEMENT

Andina Julie Berprestasi di Miss Grand International 2022, Jadi Runner-Up 2

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 25 Okt 2022 23:14 WIB
Andina Julie di Miss Grand International 2022 Andina Julie menyabet gelar Runner-Up II di Miss Grand International 2022. (Foto: Kenny Gida/detikcom)
Jakarta -

Perwakilan Indonesia menoreh prestasi baru di ajang Miss Grand International 2022. Meski tidak membawa pulang mahkota utama, Andina Julie menyabet gelar Runner-Up 2.

Final Miss Grand International 2022 berlangsung di Sentul International Convention Center (SICC), pada Selasa (25/10/2022) malam. Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi tuan rumah kontes kecantikan internasional yang eksis sejak 2013 ini.

Andina Julie di Miss Grand International 2022Andina Julie di Miss Grand International 2022 Foto: Kenny Gida/detikcom

Sorak dukungan untuk Andina dari penonton yang menyaksikan langsung tiada hentinya menggema sepanjang acara. Sorakan mereka makin menjadi lagi saat nama perempuan 21 tahun tersebut diumumkan sebagai Runner-Up 2.

Gelar Miss Grand International 2022 memang gagal jatuh ke tangan Andina. Namun setidaknya, pencapaian dia lebih baik dari tahun lalu. Di Miss Grand International 2021, langkah Sophia Rogan untuk menjadi pemenang terhenti di babak top 10.

Padahal, pendahulunya, Aura Kharisma, keluar sebagai Runner-Up 3 Miss Grand International 2020. Pencapaian tertinggi pernah diraih Indonesia saat Ariska Putri Pertiwi merebut gelar Miss Grand International 2016.

Memegang tiket ke babak top 5, Andina Julie bersandingan dengan perwakilan dari Brasil, Thailand, Ceko, dan Venezuela. Pada tahap ini, mereka harus menjawab pertanyaan terkait perang Rusia dan Ukraina.

Andina Julie di Miss Grand International 2022Andina Julie di Miss Grand International 2022 Foto: Kenny Gida/detikcom



Andina mendapat giliran kedua, dan memilih merespons pertanyaan dalam bahasa Indonesia setelah sebelumnya sempat memberikan pernyataan dalam bahasa Inggris.

"Saya akan mengatakan kepada Presiden Putin, tidak ada kekerasan yang memberikan kebaikan. Saya tumbuh di keluarga yang mengajarkan cinta, kasih sayang, dan kebaikan. Ini mengajarkan saya, kebaikan adalah tonggak perdamaian," kata Andina yang diasuh secara khusus oleh Ivan Gunawan sebagai national director Miss Grand Indonesia.

Andina Julie di Miss Grand International 2022Andina Julie di Miss Grand International 2022 (Foto: Kenny Gida/detikcom)

Ia lalu menutup, "Dengan perdamaian, kita bisa melihat senyum anak-anak. Dengan senyum anak-anak, dengan masa depan yang cerah. Karena masa depan anak-anak adalah tonggak dari kemajuan sebuah negara."

Jawaban mereka menjadi salah satu penilaian penting bagi dewan juri. Adapun para juri yang dilibatkan tahun ini kebanyakan berasal dari Indonesia. Ada Atalarik Syah, Luna Maya, dan dokter gigi selebritis Drg. Devya Linda. Miss Grand International 2013 Janelee Chaparro dan Miss Grand International 2014 Less Garcia juga bergabung di dewan juri. Tidak ketinggalan Ariska Putri Pertiwi sebagai Miss Grand International 2016.

Berikut daftar pemenang Miss Grand International 2022:

4th Runner-up: Miss Grand Czech Republic Mariana Beckova
3rd Runner-up: Miss Grand Venezuela Luiseth Materan
2nd Runner-up: Miss Grand Indonesia Andina Julie
1st Runner-up: Miss Grand Thailand Engfa Waraha
Miss Grand International 2022: Isabella Menin

Miss Grand International 2022 Isabella Novaes MeninMiss Grand International 2022 Isabella Novaes Menin (Foto: Kenny Gida/detikcom)


Simak Video "Kostum Nasional Wakil RI yang Memesona di Miss Grand International 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)