ADVERTISEMENT

Dulu Sering Dibully, Wanita Ini Jadi Miss England Pertama yang Berambut Merah

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 19 Okt 2022 19:30 WIB
Jessica Gagen Foto: Instagram Jessica Gagen
Jakarta -

Jessica Gagen baru saja terpilih sebagai Miss England 2022. Jessica bisa dibilang mencetak sejarah karena menjadi wanita berambut merah pertama yang terpilih sepanjang sejarah kontes tersebut. Kisahnya pun menginspirasi karena ia ternyata pernah di-bully hanya karena warna rambut aslinya. Jessica mengaku bahkan pernah dibakar oleh teman-temannya.

Jessica Gagen dimahkotai sebagai Miss England 2022 setelah mengalahkan 30 finalis pada malam final beberapa waktu lalu. Wanita berusia 27 tahun tersebut merupakan mahasiswa S2 teknik dirgantara di Universitas Liverpool. Selain cantik dan berprestasi, salah satu misi Jessica adalah mengedukasi publik agar tidak bersikap buruk terhadap orang-orang berambut merah seperti dia.

Ia pun bercerita mengenai pengalaman tidak menyenangkannya selama SMP. Jessica mengaku dulu sering dipanggil dengan berbagai sebutan, diludahi, bahkan dibakar oleh sesama murid hanya karena seorang 'redhead'. "Ketika mulai SMP aku dijaili karena warna rambutku dan aku dulu merasa tidak percaya diri," ujarnya.

Jessica GagenJessica Gagen Foto: Instagram Jessica Gagen

"Aku pernah dipanggil Carrot Top. Caraku menanganinya adalah dengan menyimpannya sendiri. Aku mencoba untuk tidak bereaksi karena aku sudah cukup dewasa untuk tahu bahwa ada banyak anak yang tidak bermaksud jahat,"

"Tapi saat akhir SMA, aku berkembang. Aku dapat nilai yang bagus, aku punya grup pertemanan, aku asisten kelas. Perjalananku menjadi Miss England adalah karena aku ingin membahas ini. Ada anak-anak yang melalui hal yang sama dan aku ingin mereka tahu itu tidak bertahan selamanya," kata Jessica.

Jessica Gagen Foto: Instagram Jessica Gagen

Meski bisa menghadapinya dengan dewasa, Jessica tidak memungkiri bahwa ada saat-saat yang membuatnya ingin sendirian. Wanita itu bahkan pernah makan di toilet sekolah dan menangis ketika pulang pulang ke rumah. "Aku merasa sendirian karena kamu melewati banyak perubahan di usia 12 dan 13 dan aku berpikir mengapa aku terlihat seperti ini?" tuturnya.

Karenanya, wanita yang akan berkompetisi di ajang Miss World 2023 itu ingin menggunakan posisinya barunya sebagai ratu kecantikan untuk menginspirasi sesama. Jessica yang juga seorang model ini pun ingin membuktikan diri kepada orang-orang yang pernah mem-bully bahwa ia bisa jadi contoh yang baik.

Jessica GagenJessica Gagen Foto: Instagram Jessica Gagen

"Aku mengingat lagi dan berpikir tidak banyak orang berambut merah di televisi. Aku pikir akan lebih baik jika ada seseorang di posisi itu yang berambut merah. Bahkan sampai tahun lalu tidak ada yang berambut merah di Miss World. Aku pikir jika aku bisa menang, aku bisa memberdayakan anak-anak yang di-bully karena penampilan dan warna rambut mereka," kata Jessica.

(ami/ami)