ADVERTISEMENT

5 Fakta BTS Jalani Wajib Militer, Kim Seokjin yang Pertama Setelah Rilis Solo

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 17 Okt 2022 17:00 WIB
BTS Gelar Konser Gratis di Busan Foto: Instagram: @bts.bighitofficial
Jakarta -

Perdebatan mengenai status wamil para personel BTS akhirnya terjawab. Agensi HYBE yang membawahi boygroup KPOP fenomenal tersebut baru saja memberi pernyataan tentang kapan BTS wajib militer. Dalam rilis disebut bahwa ketujuh member akan segera melakukan latihan militer seperti kebanyakan pria Korea Selatan. Jin atau Kim Seokjin akan jadi yang pertama.

BTS Wajib Militer
Fans KPop dan Army (sebutan fans BTS) hari ini dikejutkan dengan pernyataan agensi terkait jadwal wamil BTS. Setelah lama jadi perdebatan, disebutkan bahwa ketujuh member akan menjalani tugas mereka sebagai pria Korea Selatan. "BIGHIT Music dengan bangga mengumumkan hari ini bahwa para anggota BTS sedang dijadwalkan untuk wajib militer,"

Sebelumnya ada perbincangan mengenai BTS berhak mendapat pengecualian karena para pelantun 'Dynamite' itu sudah mengharumkan nama bangsa sebagaimana privilese serupa diberikan kepada atlet Olimpiade. Sejak awal BTS sendiri mengaku akan wamil meski jadwalnya mundur karena berbagai alasan. Umumnya pria Korea ikut pelatihan militer selama kurang dari 2 tahun pada usia 18 hingga 28 tahun. Sedangkan usia personel tertua BTS, Jin, sudah lebih dari 28.

Seokjin yang Pertama Wamil Setelah Rilis Solo
Dalam pernyataan HYBE disebutkan jika para member siap untuk menjalani tugas negara setelah merilis solo. Tak seperti rumor yang sebelumnya beredar tampaknya BTS akan wamil satu per satu tidak bersamaan. Dimulai dari Jin, dilaporkan bahwa selagi meninggalkan industri hiburan sementara, pria yang akan berusia 30 pada bulan Desember itu akan merilis album solo pertamanya.

Seokjin Meminta Penundaan Wamil
Kim Seokjin adalah member yang paling dibicarakan terkait wamil karena usianya sudah melewati batas wamil. Diakui BIGHIT MUSIC bahwa mereka meminta keringanan untuk jadwal Jin ditunda sementara. "Member BTS Jin meminta untuk menunda wajib militer pada akhir Oktober kemudian dia akan mengikuti proses dari Administrasi Tenaga Kerja Militer. Member-member lain akan menyusul sesuai dengan jadwal masing-masing,"

Jin BTS.Jin BTS Jadi Member yang Pertama Wajib Militer Foto: Instagram

Member BTS Rilis Solo
Selain Seokjin, member-member lain juga akan merilis proyek solo sebelum BTS wajib militer. Setelah merilis album antologi pertama awal tahun, para member dipersilahkan untuk mengeksplor proyek-proyek individual. Tak hanya musik, kemungkinan mereka juga akan mengembangkan sayap ke ranah hiburan lain. "Kami mendukung artis kami untuk punya waktu mengeksplor ketertarikan masing-masing dan melakukan kewajiban pada negara yang mereka sebut rumah,"

BTS Wajib Militer Sampai 2025
Single 'Yet To Come (The Most Beautiful Moment)' pun disebut sebagai lagu yang menjadi janji bahwa BTS akan kembali kepada Army. Jin, RM, Suga, J-Hope, V, Jimin, dan Jungkook akan mengeluarkan karya-karya lain di tahun-tahun mendatang setelah semua member BTS wajib militer dan selesai di 2025.

(ami/ami)