ADVERTISEMENT

Viral Gaya Perdana Menteri Malaysia Pakai Sepatu Hermes Picu Perdebatan

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 09 Sep 2022 11:17 WIB
Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob dan Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong Foto: Facebook Lawrence Wong
Jakarta -

Pertemuan antara Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob dengan Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong jadi perbincangan. Selain karena agenda mereka, penampilan Ismail Sabri menarik perhatian netizen karena sepatunya. Lagi-lagi ia dikritik karena memakai item fashion mahal. Kali ini Ismail Sabri memakai sepatu Hermes yang mewah.

Ismail Sabri menemui Lawrence Wong yang sedang melakukan kunjungan ke Malaysia di hari kedua. Momen itu diabadikan dalam postingan di Facebook Lawrence Wong kemudian jadi viral karena alasan lain. Banyak netizen salfok dengan gaya PM Malaysia karena sepatunya mencuri perhatian dengan logo brand H yang bersinar. Loafers tersebut merupakan Paris Loafer keluaran Hermes seharga US$1.050 atau setara Rp 15 jutaan.

Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob dan Wakil Perdana Menteri Lawrence WongPerdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob dan Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong Foto: Facebook Lawrence Wong

Dilansir Mothership, sepatu itu tidak bisa didapatkan di toko Malaysia atau Singapura tapi bisa ditemui di situs Hermes Amerika Serikat. Meski sebenarnya tidak terlalu mahal, sepatu PM Ismail Sabri menjadi perbincangan karena dianggap mewah untuk seorang pejabat negara. Sejumlah orang menilai jika pilihan tidak sensitif dan terlihat tidak realistis.

"Aku pikir dia tipe orang yang memakai apapun akan terlihat murah, WPM Singapura bisa memakai sepatu Bata dan terlihat bagus," "Coba lihat sepatu yang dipakai Wakil Perdana Menteri. Tidak ada yang tahu, mungkin bisa jadi dari Bata," "Aku tidak mengerti dengan kegigihannya pakai barang branded, lihat Jokowi, sepatu tidak bermerek, dari Bandung," tulis netizen di Twitter.

Sepatu Hermes PM MalaysiaSepatu Hermes PM Malaysia Foto: Dok. Hermes

Meski begitu tak sedikit pula yang mendukung gaya Ismail. "Itu uangnya jadi biarkan diri menggunakan apa yang dia mau," "Berdasarkan logika, sepatu RM 5.000 tidak mahal jika bandingkan gaji PM. Jadi itu bukan masalah karena dia mampu membelinya dan cocok dengan tugas-tugas dinasnya," kata yang lain.

PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob bukan pertama kalinya dikritik karena penampilan mahal. Sebelumnya ia juga jadi sorotan karena mengenakan kemeja Burberry senilai Rp 23 juta saat bertemu dengan masyarakat. Banyak orang berkomentar harga baju itu setara dengan tiga kali gaji kebanyakan karyawan di Malaysia. Ia dinilai tidak peka dengan situasi sosial yang terjadi di Negeri Jiran.

(ami/ami)