ADVERTISEMENT

YouTuber PewDieDie Jadi Kontroversi Lagi, Diduga Ejek TikToker Tuli

Mohammad Abduh - wolipop Jumat, 29 Jul 2022 17:00 WIB
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 16: PewDiePie attends the European Premiere of YouTuber PewDiePie (Foto: Chris Jackson/Getty Images)
Los Angeles -

Bukan PewDiePie namanya jika konten di media sosialnya tak menimbulkan kontroversi. Baru-baru ini, ia menjadi bulan-bulanan netizen karena diduga mengejek seorang TikToker tuli.

Kontreversi itu dipicu oleh sebuah video berjudul "My Dog Cringes at TikToks" di YouTube. Video tersebut berisi kompilasi konten TikTok orang lain yang menunjukkan ekspresi marah atau geram.

YouTuber yang memiliki 111 juta pelanggan itu menyertakan video yang memperlihatkan pengguna TikTok bernama Scarlet May yang sedang mengeluh tentang pengalaman memesan makanan lewat drive-thru dengan bahasa isyarat.

"Aku tidak bisa mendengarkan ini," kata pria bernama lengkap Felix Kjellberg itu sebelum mencoba meniru gestur bahasa isyarat. "Maaf, apakah kuku saya bikin kalian salah fokus," tambahnya.

Aksinya tersebut lantas tak luput dari kritikan netizen. Banyak yang menyebut YouTuber asal Swedia tersebut telah menghina kaum disabilitas.

"Mengejek kaum komunitas tunarungu bukan sesuatu yang lucu. Kami sukses mengecewakan kami," komentar seorang netizen.

Atas perbuatannya, PewDiePie telah meminta maaf. "Saya tidak tahu kalau dia tuli. Sungguh bodoh saya tidak menyadarinya," tulis PewDiePie di kolom komentar yang telah diberi pin seperti dikutip People.

PewDiePie populer berkat konten-konten gaming dan menjadikannya sebagai salah satu YouTuber terkaya pada 2020 versi Forbes. Terlepas dari itu, ia juga kerap menjadi sorotan karena kontroversi.

Beberapa kali ia dikecam karena mengeluarkan komentar berbau seksis dan homofobia. Akibat ulahnya, ia kehilangan kerja sama dengan perusahaan besar seperti YouTube dan Disney.



Simak Video "Viral Anak Menangis Ingin Dijemput Sekolah Ibunya, Ini Kata Kak Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)