ADVERTISEMENT

Drama Korea Anna Dikecam di China Gara-gara Bae Suzy Pakai Jam Palsu

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 01 Jul 2022 17:00 WIB
Drama Korea Anna Suzy dalam drama Korea Anna. Foto: dok. Coupang Play
Jakarta -

Drama Korea Anna yang dibintangi Suzy menuai kecaman di China. Salah satu adegan dalam episode dua Anna dianggap kontroversial karena menggambarkan China sebagai negara produsen barang palsu.

Terlebih adegan kontroversial dalam drama Korea Anna itu diadaptasi dari kisah nyata. Keyword "Kontroversi drama baru Suzy, Anna" sontak trending nomor satu di media sosial China Weibo pada Kamis (30/6/2022).

Di tengah kontroversinya, netizen Korea mempertanyakan netizen China yang menonton drama Korea Anna secara ilegal. Pasalnya Anna hanya bisa diakses di platform streaming Korea Coupang Play.

Kontroversi Drama Korea Anna

Sinopsis Anna mengikuti kisah Suzy sebagai Yu Mi, wanita berumur 30an yang memulai kebohongan kecil dan membangun citranya sebagai Anna yang elegan dan kaya raya. Sang office girl nekad memakai barang-barang atasannya yang kuliah di luar Korea.

Dalam episode dua Anna, Yu Mi pergi ke sebuah toko untuk menjual kembali jam tangan mahal buatan Swiss yang dia diterima dari atasannya Hyun Joo (pemain Jung Eun Chae). Namun jam tangan mewah itu ternyata palsu dan diproduksi di China.

Drama Korea AnnaKarakter Suzy dapat jam palsu dari atasannya Foto: dok. Coupang Play

Pegawai toko kemudian menjelaskan kepada Yu Mi bahwa, "Jam tangan itu adalah merek yang terlibat dalam kasus penipuan terkenal 4 atau 5 tahun yang lalu. Tahukah kamu? Suku cadangnya dari China namun sekrupnya dipasang di Swiss hingga dapat disebut 'Made in Swiss'."

"(Jam tangan) itu paling mahal bernilai 100 ribu won (sekitar Rp 1,1 juta) namun mereka ketahuan menjualnya sebesar 8 juta won hingga 10 juta won (sekitar Rp 92 juta hingga Rp 115 juta). Jika seseorang memberikanmu jam tangan itu baru-baru ini berarti dia orang jahat. Jam tangan itu tidak ada nilainya. Itu adalah insiden yang terkenal, tidak mungkin orang itu tidak tahu tentang ini."

Drama Korea AnnaKarakter Suzy ingin menjual kembali jam palsu yang diterimanya Foto: dok. Coupang Play

Setelah menonton adegan dalam drama Korea Anna, netizen China melayangkan protes karena digambarkan sebagai negara produsen barang palsu. "Korea selalu memfitnah China," "Kami tidak membuat barang palsu, "Korea menyebarkan informasi palsu," komentar sejumlah netizen di Weibo.

Adegan itu diadaptasi dari kisah nyata yang menjadi kontroversi besar di Korea Selatan pada 2006. Saat itu brand jam tangan Vincent & Co. terungkap menjual barang murah yang menggunakan suku cadang dari China dan dipasarkan seolah-oleh hanya dikenakan keluarga kerajaan Eropa.

Drama Korea Anna bahkan mengungkap nama brand tersebut untuk memperjelas adegan itu diadaptasi dari kisah nyata.

Drama Korea AnnaSuzy dalam drama Korea Anna Foto: dok. Coupang Play

Rumah produksi Coupang Play telah angkat bicara menyusul kontroversi drama Korea Anna dan menegaskan bahwa Anna hanya bisa ditonton secara legal di Korea Selatan. Untuk itu, mereka tidak akan mengambil tindakan lanjut menyusul protes di China.

"Anna adalah drama yang hanya ditayangkan di Korea Selatan saat ini. Kami juga tidak akan menanggapi kontroversi tersebut secara terpisah," demikian pernyataan pihak Coupang Play seperti dilansir dari allkpop.



Simak Video "Alasan Acara Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Bukan di Graha Saba Buana"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)