Influencer Malaysia Harus Bayar Rp 433 Juta karena Body Shaming Netizen

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Rabu, 15 Jun 2022 15:35 WIB
Influencer Malaysia Eira Aziera. Foto: Instagram/@eira_aziera_legacy Influencer Malaysia Eira Aziera. Foto: Instagram/@eira_aziera_legacy
Jakarta -

Ungkapan 'Mulutmu, harimaumu' sepertinya tepat untuk menggambarkan kasus yang membelit selebgram asal Malaysia ini. Akibat body shaming, influencer bernama Eira Aziera harus membayar ratusan juta rupiah.

Akibat body shaming lewat video yang diunggah Eira Aziera di media sosial, korban bernama menderita Suharnizan Md Sidek kerugian materiil dan immateriil. Pengadilan Negeri Johor Baru pun memutuskan Eira harus membayar RM 130 ribu atau sekitar Rp 433 juta.

Jumlah yang harus dibayarkan Eira kepada Suharnizan lebih kecil dari tuntutan yang diajukan sebelumnya. Awalnya korban menuntut kerugian senilah RM 2 juta atau sekitar Rp 7 miliar.

Eira AzieraInfluencer Malaysia Eira Aziera. Foto: Instagram/@eira_aziera_legacy

Kasus ini bermula pada 18 Agustus 2020 ketika Eira Aziera siaran langsung di Facebook. Saat itu Suharnizan menulis tanggapannya di kolom komentar.

"Masak live, makan live, promosi produk pelangsing, bisa kurus?" ujarnya.

Mendapat komentar seperti itu, Eira Aziera langsung meradang. Dia mengomentari berat badan Suharnizan dan menyebutnya dengan nama tak pantas seperti 'babi kuning'.

Sambil marah-marah di siaran live, dia juga menyebarkan foto-foto wanita 37 tahun itu dan keluarganya, termasuk anak-anaknya yang masih di bawah umur. Video body shaming dan perundungan itu seketika jadi viral.

"Setelah menulis komentar itu, saya menyelesaikan pekerjaan kantor dan tidak mengikuti video-nya sampai habis. Kemudian seorang teman bilang ke saya di video itu saya dibuat viral. Ketika memeriksa dan mencari, saya menemukan orang itu dengan sengaja melakukannya (body shaming) tanpa izin atau sepengetahuan saya. Saya tidak mengambil langkah apapun saat itu dan berharap masalah hilang dengan sendirinya," jelas Suharnizan, seperti dikutip dari World of Buzz.

Simak cerita lengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jadi Korban Body Shamming, Ini Respons Atlet Angkat Besi Nurul Akmal"
[Gambas:Video 20detik]