7 Manusia Tertua di Dunia, Ada yang Masih Hidup di Usia 121 Tahun

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 28 Mei 2022 19:25 WIB
FILE PHOTO: 116-year-old Japanese woman Kane Tanaka celebrates during a ceremony to recognise her as the worlds oldest person living and worlds oldest woman living by the Guinness World Records in Fukuoka, Japan March 9, 2019.  Mandatory credit Kyodo/via REUTERS  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. JAPAN OUT. THIS IMAGE WAS PROCESSED BY REUTERS TO ENHANCE QUALITY, AN UNPROCESSED VERSION HAS BEEN PROVIDED SEPARATELY./File Photo Kane Tanaka, manusia tertua di dunia. Foto: Kyodo/via REUTERS

Jakarta -

Meskipun harapan hidup rata-rata dunia adalah sekitar 71,5 tahun, tujuh manusia ini telah melampaui angka tersebut dan berusia 100 tahun lebih. Mereka pun disebut sebagai manusia tertua di dunia. Siapa saja manusia tertua di dunia?

Semua manusia tertua di dunia adalah wanita, karena wanita biasanya hidup lebih lama daripada pria. Selain itu, menurut Gerontology Research Group yang telah divalidasi mengungkap bahwa orang tertua yang pernah hidup di dunia adalah wanita .

Sampai saat ini, mayoritas wanita dalam daftar manusia tertua berasal dari Jepang, yang menurut World Health Organization (WHO), memiliki harapan hidup tertinggi di dunia. Namun, daftar manusia tertua ini berasal dari berbagai belahan dunia.

Berikut ini 7 manusia tertua di dunia yang perlu kamu ketahui:

1. Jeanne Louise Calment (122 Tahun)

Jeanne Louise Calment berusia 122 tahun ketika dia meninggal. Wanita asal Perancis ini lahir pada 1875. Jeanne Louise Calment meninggal pada 1997 di kota Prancis selatan tempat dia dilahirkan, dan kematiannya menarik perhatian banyak orang.

Pada usia 122, usia yang telah disertifikasi oleh Guinness World Records serta peneliti kesehatan masyarakat, dia adalah manusia tertua di dunia yang didokumentasikan yang pernah hidup.

2. Maria Gomes dos Reis (121 Tahun)

Maria Gomes dos Reis dilaporkan lahir di desa Bom Jesus da Lapa di Bela Vista di Brasil pada 16 Juni 1900. Saat ini, Maria Gomes masih hidup, yang menjadikannya beruisa 121 tahub.

Sebuah tim medis keliling dikirim ke rumahnya untuk membantunya ketika mereka menemukan akta kelahiran yang membuktikan usianya yang sangat tua, menurut outlet berita Brasil G1. Maria memiliki 13 cicit dan enam cucu.

Dia masih tinggal di kampung halamannya di timur laut Brasil bersama cucunya, Célia Gomes, yang merawatnya. Celia menceritakan bahwa neneknya terus memasak, mencuci pakaian, dan menghadiri Misa hingga delapan tahun yang lalu. Tetapi pada usia 121, Maria sekarang tidak mampu mengurus dirinya sendiri.

"Saya memasukkan makanan ke mulutnya, kita harus melakukan segalanya, mengganti pakaian dalamnya. Hidup saya disimpulkan dengan merawatnya,"jelas Célia.

3. Kane Tanaka (119 Tahun)

Kane Tanaka diyakini sebagai manusia tertua di dunia, meninggal dunia pada usia 119 tahun. Tanaka, dari Jepang, lahir pada 1903 dan meraih gelar orang tertua di dunia pada 2019 di usia 116 tahun.

Dia meninggal pada April 2022, dan merupakan orang tertua kedua yang pernah tercatat, setelah hanya wanita Prancis Jeanne Louise Calment, yang meninggal dalam usia 122 tahun pada tahun 1997.

(eny/eny)