Rayakan Keberagaman, Ada Virtual Influencer dengan Sosok Down Syndrome

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 23 Mei 2022 21:00 WIB
Virtual influencer down syndrome Foto: dok. Instagram/@itskamiworld
Jakarta -

Belakangan virtual influencer ramai di Instagram. Salah satu virtual influencer yang populer adalah Rozy. Influencer yang tidak nyata atau bikinin komputer tersebut kini hadir juga hadir dalam sosok down syndrome.

Kenalan sang virtual influencer down syndrome bernama Kami yang merupakan animasi grafis komputer yang terbuat dari pixel. Kami diciptakan untuk merayakan keberagaman dan melawan persona internet 'sempurna'. Terlebih lagi, influencer disabilitas tidak banyak di media sosial.

Kami digambarkan sebagai anak muda down syndrome yang memiliki senyum cerah dan rambut panjang ungu. Dia dibuat oleh organisasi Down Syndrome International, agensi kreatif Forsman & Bodenfors, dan agensi model digital Global Diigitals.

Mereka bekerja sama untuk menciptakan sosok Kami. Nama Kami sendiri diambil dari bahasa Arab, Kamilah yang berarti kesempurnaan. Mereka ingin merepresentasikan bahwa down syndrome adalah manusia yang juga sempurna.

"Kami sengaja memberikan down syndrome yang secara universal dikenal sebagai sempurna, Kami akan menjadi representasi yang kuat bahwa down syndrome bukanlah orang yang cacat, atau kesalahan, dan bahwa dia tidak perlu diperbaiki," ungkap kreator Kami tersebut.

Sosok virtual influencer tersebut dibuat secara detail mulai dari bentuk wajah khas down syndrome, bulu mata hingga tekstur kulit. Avatar Kami tersebut pun dapat digunakan di berbagai platform yang berbeda.

"Harapannya DNA Kami mewakili semua wajah dan aspek dari para wanita dengan down syndrome. Membuat karakter seperti Kami menandakan tantangan bagi banyak lapisan antarmuka digital yang saat ini kurang inklusif,. Kita perlu mengatasi beberapa masalah mencolok di area ini dan membangun dunia online yang kita inginkan untuk masa depan," ungkap Cameron James Wilson, pendiri dan CEO The Diigitals.

Kamu bisa mengikuti Kami di Instagram di @itskamisworld. Kini influencer virtual itu sudah memiliki 1.000 followers.



Simak Video "4 Drama Korea yang Bakal Tayang di Bulan Juli 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)