Viral Baliho Permintaan Maaf karena Tuduh Tetangga Pelihara Tuyul

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 28 Apr 2022 08:00 WIB
Unggahan viral di Twitter. Baliho viral di media sosial. Foto: Dok. Twitter @seputartetangga.
Wonosari -

Beredar unggahan viral di Twitter tentang permintaan maaf dari warga karena menuduh tetangganya memelihara tuyul. Unggahan tersebut berawal dari akun Twitter @SeputarTetangga.

Dari unggahan yang viral terlihat ada tiga orang warga yang namanya tertera di dalam baliho tersebut, Ahmad Khoiron, Siti Fatimah dan Ahmad Nurudin. Mereka meminta maaf dengan cara yang unik yaitu membuat surat pernyataan melalui baliho.

"🤣🙏🏻 Para tukang tuduh kena batunya," kata akun Twitter @SeputarTetangga.

"Surat pernyataan permohonan maaf pencemaran nama baik. Sejak bulan Desember tahun 2021 dengan sadar dan sengaja telah menuduh tanpa bukti terhadap ibu Thoi'ah dan menyebar isu atau berita hoax bahwa ibu Thoi'ah memelihara pesugihan berupa tuyul," tulis keterangan dalam baliho.

Unggahan viral di Twitter.Unggahan viral di Twitter. Foto: Dok. Twitter @seputartetangga.

Ketiga warga itu meminta maaf karena telah menuduh tetangga mereka mencuri uang melalui perantara tuyul. Namun mereka tidak dapat membuktikan tuduhan yang diucapkan dan menyadari akibat dari perbuatan yang mereka lakukan telah menyebabkan pencemaran nama baik dan pembunuhan karakter terhadap ibu Thoi'ah dan keluarga.

Merasa menyesal karena menuduh tanpa bukti yang kuat, ketiga warga tersebut mengumumkan kepada masyarakat umum, bahwa isu yang menimpa oleh ibu Thoi'ah dan keluarga merupakan ulah dari tiga warga dan 100% atau bohong.

"Mohon maaf melalui selebaran yang ditempel di tempat umum dan MMT (banner). Mengharap kepada masyarakat untuk membantu menghentikan penyebaran berita hoax tersebut. Sehingga dapat mengembalikan nama baik ibu Thoi'ah," tulis ketiga warga.

Ketiga warga yang menyebarkan berita hoax tersebut menyatakan bersedia ditindak sesuai aturan hukum yang berlaku melalui pengadilan, jika di kemudian hari isu atau berita tersebut masih berkembang dan berasal dari mereka.

Unggahan tersebut sudah mendapatkan 4,376 Likes dan 1.070 Retweets. Warganet yang menanggapi unggahan tersebut memberikan beragam komentar. Ada yang merasa seharusnya foto penuduh juga dipasang di banner, ada juga yang kaget melihat baliho isinya permintaan maaf.

"Yang melakukan tuduhan 2 pria, 1 wanita. Bapak2 klo nganggur kegiatannya malah nge-gosip, ghibah dan nuduh orang ya??" tanya akun @nurrezapratama.

"Wah gak nampangin foto penuduhnya nih? Harusnya dipasang dibanner tuh," tutur akun @zosanjunior7.

"Baru ini lihat dalam satu lembar matrainya banyak bet dan nggak ditanggalin🤣," salfok akun @AidinYusuf.

"Wkwkwk sekarang pasti lagi di omongin sekampung tuh," timpal akun @gusssnya3.

"Bagus ini...kalau perlu viralin muka tukang tuduhnya di medsos dan Youtube," saut akun @Denna__aja.

"Ya Allah . . . Jauhkanlah kami dari penyakit iri dan dengki," kata akun @muhammads.

Wolipop sudah menghubungi akun Twitter @SeputarTetangga untuk mengutip unggahan baliho permintaan maaf ke tetangga tersebut. Akun Twitter @SeputarTetangga sudah memberikan izin, namun juga tidak mengetahui di mana lokasi baliho tersebut.

(gaf/eny)