Lisa BLACKPINK Jadi Model Iklan Alkohol, Fotonya Haram Disebarkan di Thailand

R Chairini Putong - wolipop Jumat, 18 Mar 2022 14:30 WIB
Lisa BLACKPINK Lisa BLACKPINK. Foto: dok. Chivas Regal
Jakarta -

Lisa BLACKPINK didapuk menjadi brand ambassador minuman alkohol Chivas Regal. Dalam iklannya, personel BLACKPINK asal Thailand itu memegang scotch whiskey keluaran brand tersebut. Namun, pemerintah Thailand melarang keras warga negaranya untuk menyebarkan iklan alkohol Lisa BLACKPINK.

Seorang pejabat pemerintah Thailand bahkan ditugaskan untuk menyelidiki warga negaranya yang menyebarkan ataupun mengunggah iklan alkohol Lisa BLACKPINK. Mereka yang menyebarkan iklan Lisa dapat terancam denda dan hukum penjara seperti peraturan yang berlaku di negara yang mayoritas beragama Buddha tersebut.

Lisa BLACKPINK x Chivas Regal

Lisa BLACKPINK baru-baru ini terpilih menjadi Asia Brand Ambassador produk campuran scotch whiskey keluaran Chivas Regal. Dalam kerja samanya dengan Lisa BLACKPINK, Chivas Regal juga mengeluarkan campaign "I Rise, We Rise."

Personel BLACKPINK asal Thailand itu mengungkap bahwa nilai-nilai brand alkohol tersebut selaras dengannya. Sebab selama ini Lisa BLACKPINK merupakan penggemar minum alkohol terutama whiskey.

Lisa BLACKPINK Jadi Brand Ambassador Chivas RegalLisa BLACKPINK Jadi Brand Ambassador Chivas Regal Foto: dok. Chivas Regal

"Setelah melakukan perjalanan pribadi yang begitu besar dan sibuk selama beberapa tahun terakhir, aku ingin menginspirasi orang-orang untuk meningkatkan diri. Tidak sulit untuk bermitra dengan Chivas, karena nilai-nilai brand sangat selaras denganku, ditambah aku selalu menjadi penggemar whiskey," ungkap Lisa BLACKPINK, seperti dilansir dari Koreaboo.

Penggemar Lisa BLACKPINK di mancanegara telah menyebarkan iklannya dengan Chivas Regal. Namun, penggemar Thailand akan mendapat denda atau hukuman penjara bila menyebarkan iklan pelantun 'LALISA' itu.

Lisa BLACKPINK Jadi Brand Ambassador Chivas RegalLisa BLACKPINK Jadi Brand Ambassador Chivas Regal Foto: dok. Chivas Regal

Warga Thailand Dilarang Sebar Iklan Whiskey Lisa BLACKPINK

Dilansir dari Bangkok Post, Alcohol Control Committee (Komite Pengendalian Alkohol) tengah mempertimbangkan larangan menyebarkan ataupun mengunggah iklan Lisa BLACKPINK dengan Chivas Regal.

Niphon Chinanonthwes, direktur Alcohol Control Committee bahkan telah ditugaskan oleh Department of Disease Control (Departemen Pengendalian Penyakit) untuk menyelidiki siapa saja warga negaranya yang menyebarkan iklan Lisa BLACKPINK di media sosial.

Di Thailand, mengiklankan alkohol dan menggambarkannya dalam bentuk apapun merupakan hal ilegal. Terdapat Pasal 32 Undang-Undang Pengendalian Minuman Keras yang mulai berlaku pada 2008.

Pemerintah Thailand melarang warga negaranya mempromosikan alkohol serta memajang gelas yang mengandung alkohol ataupun memajang brand minum alkohol tertentu. Mendorong orang lain untuk minum alkohol pun tidak diperbolehkan di sana.

Warga negara Thailand yang melanggar undang-undang ini akan didenda hingga 500.000 baht atau Rp 214 jutaan dan dijatuhi hukuman penjara atau didenda dan dijatuhi satu tahun hukuman penjara.

Namun, menurut Kachonsak Kaewcharat, wakil direktur Department of Disease Control, Lisa BLACKPINK tidak melanggar undang-undang yang berlaku di negara asalnya sebagai model Chivas Regal karena beberapa negara tidak mengatur larangan menyebarkan iklan alkohol seperti Thailand.

Lisa BLACKPINK menjadi personel BLACKPINK kedua yang menjadi model minuman alkohol setelah Jennie BLACKPINK, yang mengiklankan soju Chum Churum.



Simak Video "Potret V BTS hingga Lisa BLACKPINK Saat Naik Jet Pribadi ke Paris"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)