ADVERTISEMENT

Artis China Deng Lun Menggelapkan Pajak, Terancam Diblokir dari Dunia Hiburan

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 16 Mar 2022 19:00 WIB
deng lun Foto: Dok. Weibo Deng Lun
Jakarta -

Aktor China Deng Lun tersandung kasus pajak. Pria yang beradu akting dengan Krystal Jung dalam drama Graduation Season itu ketahuan menggelapkan pajak senilai ratusan miliar. Deng Lun pun telah dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman denda. Sayangnya selain uang, ia juga diprediksi bisa kehilangan eksistensi di media sosial dan dunia hiburan.

Cukup banyak artis China yang bermasalah dengan pajak. Setelah Fan Bingbing, Vicky Zhao hingga Zheng Shuang, selebriti lain yang ketahuan tidak taat bayar adalah Deng Lun. Pemain Ashes of Love tersebut dikatakan membuat laporan palsu dengan mencantumkan bisnis fiktif untuk mengakali kewajibannya dari 2019 sampai 2020.

deng lundeng lun Foto: Dok. Weibo Deng Lun

Deng Lun Menggelapkan Pajak

Dilansir 8days, Deng Lun telah menggelapkan pajak penghasilan senilai 47,66 juta yuan atau sekitar Rp 108 miliaran. Tak hanya itu, pria 29 tahun tersebut juga ketahuan kurang bayar 13,99 juta yuan atau sekitar Rp 31 miliaran. Total menggelapkan hingga ratusan miliar rupiah, angka tersebut bikin kaget publik.

Aktor yang populer lewat drama Because of Meeting You itu dinyatakan bersalah sesuai Hukum Pajak Penghasilan Perorangan Republik Rakyat Tiongkok dan didenda senilai 106 juta yuan atau sekitar Rp 238 miliaran. Karena penggelapan, kekurangan, dan keterlambatan bayar pajak, Deng Lun pun telah mengunggah permintaan maaf di media sosial Weibo.

Mengaku Bersalah dan Meminta Maaf

"Dalam proses kooperasi dengan investigasi departemen pajak, aku telah merefleksikan diri secara mendalam dan telah menyadari kesalahan-kesalahanku sendiri.

"Aku menerima semua keputusan yang dibuat oleh otoritas pajak. Aku akan menanggung semua tanggung jawab dan konsekuensinya dan aku terus bekerja keras seperti biasa. Aku minta maaf sebesar-besarnya karena telah mengambil sumber daya publik di tengah pandemi ini," tulis Deng Lun.

Meski mengaku sangat menyesal, sayangnya itu belum tentu cukup untuk mengembalikan nama dan karier aktor populer tersebut. Tak lama setelah ketahuan menggelapkan pajak, media sosial Deng Lun, seperti Douyin dan Weibo langsung tidak bisa diakses.

deng lundeng lun Foto: Dok. Weibo Deng Lun

Nasib Deng Lun

Sejumlah brand yang meng-endorse atau memakain Deng Lun sebagai model juga memberhentikannya. Salah satunya adalah merek peralatan rumah tangga yang baru menunjukkan Deng Lun sebagai brand ambassador dua jam sebelum berita kasusnya beredar.

Diprediksi jika nasib Deng Lun bisa berakhir seperti artis-artis China lain yang terlibat masalah. Sejumlah netizen pun memintanya untuk diblokir dari dunia hiburan.

Karena kasus ini, drama terbarunya pun terancam tidak tayang. Deng Lun diketahui menjadi pemeran utama 'Graduation Season' bersama Krystal Jung yang sudah selesai syuting sejak 2016. Penayangannya dulu tertunda karena THAAD, dikatakan jika kini serial itu kini semakin mustahil dirilis.

deng lundeng lun Foto: Dok. Weibo Deng Lun
(ami/ami)