Mantan Biksu yang Jadi Pria Tertampan 2021 Lolos dari Hukuman 3 Tahun Penjara

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 04 Mar 2022 09:33 WIB
Paing Takhon Foto: Instagram/@paing_takhon
Jakarta -

Paing Takhon menjadi perbincangan akhir tahun lalu karena terpilih jadi pria tertampan setelah divonis penjara. Pria yang menduduki peringkat pertama daftar The 100 Most Handsome Faces of 2021 versi TC Candler tersebut mendapat masalah hukum karena pandangan politiknya. Kabar terbaru menyebutkan pria Myanmar yang pernah jadi aktor dan biksu itu tidak jadi dijatuhi hukuman baik penjara maupun kerja fisik.

Paing Takhon ditangkap polisi pada April 2021 karena partisipasinya dalam berbagai aksi protes terkait militer Myanmar di 2021. Karena itu, ia sempat dijatuhi hukuman penjara dan kerja fisik selama tiga tahun. Hal tersebut tentu disayangkan dan diprotes para fans dan netizen. Tapi untungnya Junta militer Myanmar berubah pikiran dan sudah membebaskannya.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh pengacara Paing Takhon yang mengatakan jika kliennya sudah dibebaskan dan berada di rumahnya pada Rabu lalu. Berdasarkan sejumlah postingan di Instagram dan Facebook, pria tampan itu pun bisa dibilang terlihat baik-baik saja ketika bertemu teman-temannya.

Dilansir Mothership, Paing Takhon bersama teman-teman aktornya yang juga terlibat protes dilepaskan karena alasan seni. Keempatnya dibebaskan agar bisa ikut berpartisipasi dalam membangun bangsa dengan karya seni mereka.

Paing Takhon sebelumnya memang berpartisipasi dalam sejumlah demonstrasi dan pawai. Selain itu, ia juga pernah mengunggah foto-foto pemimpin sipil yang digulingkan dan ikon pro-demokrasi, Aung San Suu Kyi, yang telah divonis empat tahun penjara karena tuduhan penghasutan dan melanggar aturan Covid-19.

Paing Takhon: Model populer Myanmar ditangkap puluhan tentara, begini aksi-aksinya saat turun ke jalanPaing Takhon: Model populer Myanmar ditangkap puluhan tentara, begini aksi-aksinya saat turun ke jalan Foto: BBC World

"Kami sangat menentang kudeta militer. Kami menuntut pembebasan secepatnya kanselir negara Daw Aung San Suu Kyi, Presiden U Win Myint, para menteri dari pemerintahan sipil, dan anggota parlemen terpilih," tulis Takhon di salah satu unggahan.

Setelahnya Paing Takhon dilaporkan mengalami depresi dan kesehatannya menurun hingga sampai sulit berdiri sebelum akhirnya ditangkap polisi. Meski begitu, ia mengaku sudah memahami segala konsekuensi. Pria yang viral karena ketampanannya itu pun menambahkan bahwa dia sama sekali sudah tidak bisa merasa sakit.

Paing TakhonPaing Takhon Foto: Instagram @paing_takhon
(ami/ami)