Jadi Kontroversi, Wanita Hasilkan Rp 142 Juta dari Jual ASI untuk Binaragawan

Hestianingsih - wolipop Selasa, 15 Feb 2022 17:34 WIB
Young mother hands holding full plastic breast pump bottle. Closeup. Preparing milk for baby feeding. Front view. Ilustrasi ASI perah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratchat
Jakarta -

Seorang wanita membuat air susi ibu (ASI) yang dihasilkannya jadi ladang bisnis. Punya ASI melimpah, wanita asal Inggris ini menjualnya ke para binaragawan sebagai tambahan nutrisi.

Lewat video di TikTok, wanita bernama Mila De'brito ini mengungkap kalau dia menamai ASI yang dijualnya sebagai 'liquid gold' atau dalam bahasa Indonesia berarti 'cairan emas'. Dia mengaku berhasil menjual ASI dan menghasilkan tambahan uang hingga 10 ribu Pound sterling atau sekitar Rp 142 juta.

Seperti dikutip dari The Sun, banyak atlet angkat beban dan binaragawan yang percaya bahwa nutrisi yang terkandung dalam ASI bisa membantu membangun massa otot. Anggapan ini pun dimanfaatkan Mila De'brito untuk menjual ASI nya.

@debrito_bunch #liquidgold ♬ original sound - rico

Video yang dibagikan Mila De'brito mendapat berbagai reaksi dari netizen. Ada yang iri karena tidak dapat menghasilkan ASI sebanyak itu hingga bisa dijual, ada pula yang mengritik dan menyebut bahwa ASI yang berlebih seharusnya didonasikan.

"Saya menyumbangkan 15 liter ASI, yang bisa saja menghasilkan uang segitu juga," sindir netizen.

Menanggapi kritikan tersebut, Mila De'brito menjelaskan bahwa mendonasikan ASI tidak semudah yang dibayangkan. Sebab perlu syarat-syarat khusus agar ASI cukup baik dan aman diberikan kepada bayi.

Salah satu netizen juga membela argumen Mila De'brito yang menjual ASI dan bukan menyumbangkannya kepada ibu maupun bayi yang membutuhkan.

"Donasi ASI hanya bisa diberikan pada periode waktu tertentu setelah kehamilan. Setelah itu kualitas susunya jadi turun tapi masih bisa dijual," jelas netizen tersebut.

ASI diketahui kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Selain itu juga mengandung zat seperti gula, garam, serta cairan hidup yakni hormon dan enzim. Namun hingga saat ini belum banyak ditemukan penelitian yang menjelaskan manfaat ASI yang diminum oleh orang dewasa.



Simak Video "4 Drama Korea yang Bakal Tayang di Bulan Juli 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)