Ada yang Langka di Batik Blitar Milik Bintang NBA Justin Holiday

Idham A. Samana, 20detik - wolipop Sabtu, 12 Feb 2022 17:46 WIB
bintng nba justin holiday pesan batik ke blitar Foto: Erliana Riady
Jakarta -

Jakarta - Saat pebasket NBA Justin Holiday memesan kemeja batik ke pengrajin batik tulis Blitar Mawar Putih, ia menginginkan karya autentik khas Indonesia. Aspek eksklusif dalam desain Butik Mawar Putih juga menjadi alasan mengapa batik tulis produksi pasangan suami istri Yogi Rosdianta dan Santika itu dilirik sang pebasket.

"Batik itu ada nilai langkanya, eksklusif. Nggak kembar. Seperti di kemejanya Justin Holiday itu nanti juga ada inisial namanya, 'JH' gitu. Terus ada logo Indiana Pacers. Nah hal-hal seperti itu mungkin yang membuat Justin Holiday akhirnya mau untuk bekerja sama dengan kami," jelas Yogi di program Viral detikcom.

Motif dalam kemeja batik yang dipesan Holiday sangat merepresentasikan Indonesia dan Blitar. Misalnya, ada motif gapura makan Bung Karno, pecut, belimbing, kendang, garuda, serta kuda kepang.

Yogi dan Santika mengaku bahwa proses produksi batik untuk Holiday cukup panjang. Bahkan, untuk akhirnya mencapai kata sepakat pada desain motif, proses ini memakan waktu hingga satu bulan lamanya.

"Dulu waktu pemilihan motif juga kita sempat diskusi sebulan, ya. Mungkin kan ada beberapa motif dari kita yang bagi Justin Holiday itu kayak, 'Apa sih, ini?' Kita culture-nya kan beda, jadi untuk sesuatu yang terlalu asing bagi dia, itu ada beberapa yang kita revisi, ya. Sampai akhirnya deal motif itu satu bulanan," terang Santika.

"Tapi demi Indonesia, nggak papa, lah. Karena memang impact-nya kita berharap yang besar, khususnya untuk Indonesia. Jadi, kita totalitas untuk membuat batik untuk Justin ini," timpal Yogi kemudian.

Kemeja batik custom ini dibuat dari kain sepanjang kurang lebih 3 meter. Harga yang dibanderol berkisar di atas Rp 2 juta.

Simak Video 'Batik Blitar Bikin Gempar':

[Gambas:Video 20detik]



(mjt/mjt)