ADVERTISEMENT

6 Fakta Mommy ASF, Dokter Hewan Jadi Penulis Layangan Putus yang Viral

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 22 Jan 2022 18:00 WIB
Foto drh. Eca Prasetya, penulis kisah Layangan Putus. Foto Shireen Sungkar, Eca Prasetya atau Mommy ASF dan Zaskia Sungkar. Foto: Dok. Instagram @ecaprasetya
Jakarta -

Web series Layangan Putus baru saja tamat. Selama penayangannya serial tersebut sukses mencuri atensi karena konflik perselingkuhan dalam rumah tangga membuat penonton kesal dan penasaran.

Kisah Layangan Putus yang kini jadi web series terinspirasi dari dari tulisani drh. Eca Prasetya atau lebih dikenal sebagai Mommy ASF. Dia mengunggah tulisan berjudul Layangan Putus di Facebok yang kemudian menjadi viral.

Seperti apa sosok Mommy ASF? Berikut profil dan fakta tentang penulis Layangan Putus:

1. Unggahan Facebook 2019

Foto drh. Eca Prasetya, penulis kisah Layangan Putus.Foto drh. Eca Prasetya atau Mommy ASF, penulis kisah Layangan Putus. Foto: Dok. Instagram @ecaprasetya

Kisah Mommy ASF viral dengan tagar #LayanganPutus pada 2019. Melalui Facebook, Mommy ASF membagikan kisah sedih yang dialaminya karena suami menikah lagi dengan wanita lain.

Mommy ASF mengaku sudah suka menulis sejak kuliah. Saat mengalami permasalahan rumah tangga, dia merasa terpancing untuk menulis lagi setelah bertemu dengan salah satu orangtua murid di sekolah anaknya, yang merupakan seorang penulis.

"Saya menulis sebuah kejadian, terus saya kirim ke dia, lalu dia rapi kan. Terus diupload ke Facebook waktu itu. Hari pertama dan kedua, besoknya masih menulis lagi. Hari keempat mulai bingung kok tanggapannya begitu? Kaget lah," tuturnya.

Cerita Layangan Putus yang diunggah ke salah satu forum komunitas menulis di Facebook itu viral. Mommy ASF pun sempat menghapus tulisannya karena ia terkejut mendapatkan tanggapan yang luar biasa hingga menyebar di media sosial.

2. Layangan Putus Diangkat Menjadi Web Series

Layangan PutusSerial Layangan Putus. Foto: Instagram/Anya Geraldine.

Setelah kisah Layangan Putus yang diunggah Mommy ASF viral, cerita tersebut dibuat menjadi novel. Novel Layangan Putus karya Eca kemudian diangkat menjadi web series yang tayang di WeTV Original dan iflix. Proses pembuatan serial tersebut dimulai sejak 4 April 2021, diproduseri oleh Manoj Pujabi dari MD Pictures dan disutradarai oleh Benni Setiawan.

Layangan Putus pertama kali tayang sebagai serial pada 26 November 2021. Cerita tersebut menampilkan deretan artis di antaranya Reza Rahardian, Putri Marino, Frederika Alexis Cull dan Anya Geraldine.

3. Arti di Balik Judul Layangan Putus

Adegan-adegan dalam serial Layangan PutusAdegan-adegan dalam serial Layangan Putus Foto: Dok. MD Pictures

Eca mengaku jika nama Layangan Putus diambil secara spontan. Dia pun tak ada persiapan khusus untuk pemberian judul.

"Layangan Putus itu sebenarnya kayak spontan di judul kata spontan yang saya baca pada saat saya posting cerita. Tapi memang pada saat itu mewakili kondisi pada saat itu aja sih," ujarnya.

"Layangan Putus itu adalah seorang perempuan yang menjalani rumah tangga tapi masih gamang, terombang-ambing, jadi kayak layangan putus, diibaratkan seperti itu," lanjutnya.


4. Mommy ASF Kini Jadi Ibu Tunggal Empat Orang Anak

Foto drh. Eca Prasetya, penulis kisah Layangan Putus.Foto drh. Eca Prasetya, penulis kisah Layangan Putus. Foto: Dok. Instagram @ecaprasetya

Setelah bercerai pada 2019, wanita yang bernama lengkap Eka Nur Prasetyawati ini tinggal di Bali bersama keempat anaknya yang semuanya laki-laki. Hampir 10 tahun tidak bekerja mendorong Mommy ASF mengambil keputusan untuk bergabung dengan yayasan sebagai volunteer atau sukarelawan.

Eca mengungkapkan anak yang dikandungnya sebenarnya berjumlah lima orang. Namun anak kelimanya meninggal dunia akibat pendarahan yang terjadi saat pembukaan melahirkan sudah lengkap. Hatinya sangat hancur saat itu. Tapi dia sudah ikhlas karena keguguran tersebut adalah takdir Sang Pencipta. Ia pun kini fokus berkarier dan mengurus keempat anaknya.

5. Bekerja Sebagai Dokter Hewan

Foto drh. Eca Prasetya, penulis kisah Layangan Putus.Foto drh. Eca Prasetya, penulis kisah Layangan Putus. Foto: Dok. Instagram @ecaprasetya

Eca merupakan lulusan jurusan Kedokteran Hewan, Universitas Udayana, Bali. Tapi setelah menikah, Eca sempat meninggalkan profesinya sebagai dokter hewan. Sebab ketika itu dia fokus untuk menjadi ibu rumah tangga.

Setelah bercerai dan tinggal di Bali beberapa waktu, Eca memilih pindah ke Malang, Jawa Timur. Eca kini sudah memiliki klinik sendiri yang diberi nama Luna Pet House. Klinik tersebut melayani berbagai perawatan hewan mulai dari steril dan kebutuhan hewan lainnya.


6. Menjadi Narasumber Berbagai Acara

Eca Prasetya alias Mommy ASFFoto Eca Prasetya alias Mommy ASF, penulis novel Layangan Putus. Foto: Dok. Pribadi Eca.

Seiring kesuksesan serial Layangan Putus, membuat kesibukan Mommy ASF bertambah padat. Ia kerap didapuk menjadi pembicara dalam berbagai acara yang membahas soal kesehatan hewan, berbagi pengalaman tentang menulis dan kehidupan rumah tangga.

Kini Mommy ASF sudah move on dari cerita sedihnya. Setelah perceraian yang terjadi di 2019, dia sudah berhasil kembali menata hidupnya bersama keempat anaknya.

(gaf/eny)