ADVERTISEMENT

Mommy ASF Ungkap Awal Mula Menulis Kisah Layangan Putus yang Kini Viral

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 22 Jan 2022 07:00 WIB
Eca Prasetya alias Mommy ASF Foto drh. Eca Presetya atau Mommy ASF, penulis Layangan Putus. Foto: Dok. Instagram @ecaprasetya.
Jakarta -

Web series Layangan Putus kini menjadi topik hangat di masyarakat Tanah Air. Alur ceritanya yang menyajikan keretakan rumah tangga akibat perselingkuhan membuat publik ikut geram. Web series tersebut diangkat dari kisah Mommy ASF yang viral di Facebook.

Adalah wanita bernama drh. Eca Prasetya atau dikenal dengan nama Mommy ASF yang menulis cerita Layangan Putus pada 2019. Kini setelah kisahnya sukses menjadi web series, wanita yang akrab disapa Eca itu berbagi cerita bagaimana awal mulanya dia menulis Layangan Putus.

Eca yang saat ini aktif bekerja sebagai dokter hewan tak menyangka kisah Layangan Putus mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Dia mengaku saat dulu menulis Layangan Putus untuk menyalurkan hobinya menulis.

"Kalau misalnya dibilang hobi nulis itu aku hobi mencorat-coret gitu ya. Itu sudah mulai dari zaman sekolah, saat kuliah saya masuk sebagai wartawan di redaksi kampus, karena saya dokter hewan ada majalah kampus fakultas kita. Saya pernah menulis dan hobi mencorat-coret," ungkap Eca di akun Youtube The Sungkar Family.

Eca Prasetya dan Shireen Sungkar sedang berbincang lewat akun Youtube The Sungkars.Eca Prasetya dan Shireen Sungkar sedang berbincang lewat akun Youtube The Sungkars. Foto: Youtube The Sungkars.

Eca berkarier sebagai dokter hewan setelah lulus kuliah. Namun setelah menikah, dia berhenti bekerja. Setelah tak lagi melakukan pekerjaan sebagai dokter hewan itulah dia memiliki waktu untuk menuangkan tulisannya melalui blog.

"Aku sering corat-coret di blog, caption, media sosial lah. Tapi ketika ada melalui beberapa 'bump' dalam sebuah kehidupan yang saya hadapi, ya sudah mulai menangis, sujud dan ngapain lagi ya? Menulis," ucap Mommy ASF yang berhenti bekerja sebagai dokter hewan dari 2011 hingga 2017 itu.

Eka merasa terpancing untuk menulis setelah bertemu dengan salah satu orangtua murid di sekolah anaknya. Wali murid tersebut merupakan seorang penulis.

"Jadi waktu mengantar pulang sekolah, beliau itu penulis dan bukunya itu antologi kumpulan cerpen dan saya langsung kepikiran untuk menulis juga. Seru juga ya kayaknya menulis. Saya bisa mengeluarkan sesuatu. Tapi aku bingung mau menulis apa?" kenangnya.

Eca Prasetya alias Mommy ASFEca Prasetya alias Mommy ASF, aktif bekerja sebagai dokter hewan. Foto: Dok. Pribadi.

Terakhir menulis pada masa kuliah, Eca kemudian dibantu oleh temannya sebagai penulis saat membuat kisah Layangan Putus. Dan setelah tulisan kisah Layangan Putus selesai dibuat, dia mengunggahnya ke Facebook Forum Komunitas Bisa Menulis.

"Saya menulis sebuah kejadian, terus saya kirim ke dia, lalu dia rapikan. Terus diupload ke Facebook waktu itu. Hari 1 dan 2, besoknya masih menulis lagi. Hari keempat mulai bingung kok tanggapannya begitu? Kaget lah," tuturnya.

Unggahan kisah Layangan Putus di Facebook tersebut langsung viral. Eca sempat menghapus tulisannya karena ia terkejut mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari pembaca di media sosial.

Dalam wawancara dengan Shireen dan Zaskia Sungkar, Eca atau Mommy ASF menegaskan kisah Layangan Putus yang dijadikan web series bukanlah cerita hidupnya. Dia sendiri tidak terlibat dalam proses kreatif cerita web series yang dibintangi Putri Marino, Anya Geraldine dan Reza Rahadian itu.

Foto drh. Eca Prasetya, penulis kisah Layangan Putus.Foto drh. Eca Prasetya, penulis kisah Layangan Putus. Foto: Dok. Instagram @ecaprasetya.
(gaf/eny)