Kisah Anak TKW yang Dirawat Wanita Tionghoa, Akhirnya Dapat Kewarganegaraan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 20 Jan 2022 07:00 WIB
Rohana Abdullah Foto: Instagram @ismailsabri60
Jakarta -

Kisah antara anak TKW Indonesia bernama Rohana Abdullah dengan ibu angkat Malaysia yang membesarkannya menyentuh hati netizen. Wanita beretnis Tionghoa bernama Chee Hoi Lan merawatnya seperti anak sendiri setelah ditinggal oleh orang tua. Tak hanya itu, Chee memastikan Rohana mengikuti ajaran agamanya, Islam meski dia sendiri bukan seorang muslim. Baru-baru ini Rohana mengungkap ceritanya ke publik karena ingin mendapat pengakuan dari negara.

Rohana Abdullah tumbuh tanpa orang tua kandung selama 22 tahun. Karena itu, ia kesulitan untuk mendapatkan dokumen kewarganegaraan seperti kebanyakan orang. Chee Hoi Lan yang selama ini merawat Rohana pun mengkhawatirkan hal tersebut karena ingin melihat anak angkatnya bekerja dan menikah.

"Cuma sebelum saya mati, saya mahu lihat dia berkahwin, bekerjaya, dan bahagia. Saya lega kerana selama hayat saya, saya pastikan dia terjaga sebagai seorang Muslim, dia akan kekal begitu sampai bila-bila," kata Chee Hoi Lan.

Rohana Abdullah dan Chee Hoi LanRohana Abdullah dan Chee Hoi Lan Foto: YouTube Harian Metro

Chee Hoi Lan merawat Rohana setelah ditinggalkan oleh ibunya di usia dua bulan. Ibu Rohana adalah TKI yang bekerja sebagai petugas kebersihan di TK wanita 83 tahun itu dulu mengajar. Sedangkan ayahnya adalah orang Malaysia tapi pergi meninggalkan Rohana dan ibunya dan tidak pernah bertemu sampai sekarang. Saat bayi, ibunya terpaksa harus pulang ke Indonesia karena suatu alasan dan tidak kembali.

Sejak saat itu, Chee merawatnya dengan penuh kasih sayang dan toleransi. "Saya tahu ada benda yang dia tidak boleh makan. Saya tahu ada masanya dia perlu solat dan itu langsung tidak menjadi masalah. Saya mengambil tanggungjawab sebagai ibu, saya didik, saya asuh dia seperti mana sepatutnya. Yang membezakan kami adalah budaya dan agama," katanya.

Rohana Abdullah dan Chee Hoi LanRohana Abdullah dan Chee Hoi Lan Foto: YouTube Harian Metro

"Saya sayangkan dia seperti anak sendiri. Sejak kecil, saya pastikan dia makan makanan halal dan melakukan ibadat sebagai seorang Muslim sehinggalah hari ini," ungkapnya dilansir Harian Metro.

Kisah dan permasalahan Rohana yang jadi viral mengundang perhatian publik hingga pejabat. Dalam postingannya di Instagram, Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob telah menelepon dan berjanji untuk membantu Rohana bisa mendapat kewarganegaraan. Ismail Sabri Yaakob mengaku akan menghubungi Pejabat Pendaftaran agar dibuatkan identitas. Rohana pun mengucapkan rasa terima kasihnya.

"Harapnya Datuk Seri bolehlah tolong saya. Minta tolong sangat-sangat. Allahu Akbar," kata Rohana.

(ami/ami)