Sanggupkah Spirit Dolls Sembuhkan Luka Batinmu?

20detik - wolipop Selasa, 11 Jan 2022 12:51 WIB
Jakarta -

Konon keberadaan spirit dolls atau boneka arwah dapat menebar kebaikan bagi pemiliknya. Ada yang menyebut boneka yang dirawat layaknya bayi hidup itu bisa menyembuhkan luka batin. Benarkah demikian?

Mother of Spirit Dolls Bali, Queen Athena, menekankan bahwa hal ini tidak selalu berlaku untuk semua pemilik spirit dolls. Efek baik spirit dolls hanya akan terasa jika energi boneka tersambung dengan energi pemiliknya.

"Kalau kita memang sudah connect dengan anak ini (arwah di dalam boneka, red) untuk yang tidak indigo gitu ya, sangat terasa kok, apa yang benar-benar ada di dalam dolls ini. Tapi, kita tidak bisa menekankan apa yang kita rasa ke orang lain. Misalnya ku kasih Sasa (nama boneka milik Queen, red) ke Kakak, tapi Kakak nggak connect ke Sasa, ya otomatis Kakak tidak merasakan efek apapun. Sama kayak sakit kepala, kita kasih obat sakit perut kan nggak nyambung," terang Queen.

Queen juga mengingatkan orang yang hendak mengadopsi spirit dolls harus didasari niat baik dan tulus untuk merawat arwah di dalam boneka tersebut. Tidak baik jika tujuannya hanya untuk menguntungkan diri sendiri.

"Saat orang mau adopsi anak arwah yang kita punya, kita akan beri bekal kepada anak ini, 'Tolong jaga orang tua asuh mu, tolong berikan dia kesehatan, kekuatan, terus dijauhkan dari segala mara bahaya.' Itu adalah bekal dari kita atau energi yang kita berikan kepada anak arwah ini untuk menjaga orang tua asuhnya", jelas Queen

"Nah, terkadang, si orang tua asuh itu mengharapkan embel-embel bekalnya itu. Jadi supaya gua kaya, supaya gua apa segala macem. Jadi kayak, kalau sudah nggak kaya, malah ada satu hal yang tidak baik ya karena saat kamu mengadopsi, itu tidak ada niatan tulus dan baik pada saat kamu mengadopsi mereka,"tambahnya.

Tren spirit dolls berkembang sekitar tahun 2016 di Thailand. Boneka yang di sana dikenal dengan sebutan Luk Thep (malaikat anak) itu diyakini memiliki roh halus, yang membawa keberuntungan dan kemakmuran di masa depan.

Dikutip dari Culture Trip, kala itu banyak yang mengasuh spirit dolls untuk mengalihkan kecemasan warga akibat tekanan krisis ekonomi yang mendera Thailand. Luk Thep benar-benar dirawat selayaknya bayi hidup, diberi makan, berpakaian, digendong hingga diberi aksesoris.

(fuf/ids)