Mercy Dihujat Netizen China karena Tampilkan Model Bermata Sipit di Iklan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 30 Des 2021 19:00 WIB
iklan mercedes benz Foto: Weibo
Jakarta -

Mercedes-Benz baru-baru ini merilis iklan terbarunya yang menampilkan model-model Asia. Iklan tersebut sayangnya langsung mengundang hujatan dari netizen di China. Tak sedikit yang menganggap jika video tersebut memperlihatkan imej orang Asia dengan cara yang 'berbahaya'. Mereka memprotes penampilan sang model wanita karena mata yang sangat sipit.

Bentuk mata monolid atau tidak berkelopak adalah salah satu fitur khas orang Asia Timur. Sayangnya ciri khas tersebut sering menjadi stereotipe dan gestur untuk mengejek orang Asia. Model dalam iklan brand Mercy pun dianggap menampilkan stereotipe tersebut karena riasan mata dibuat sangat sipit. Tentu tak butuh waktu lama untuk netizen ramai-ramai mengkritiknya di Weibo.

iklan mercedes benziklan mercedes benz Foto: Weibo

Dilaporkan koran Global Times dari Partai Komunis banyak orang di China yang marah karena penampilan tersebut. Bukan karena mata dari model yang terlalu kecil tapi mereka menganggap jika makeup-nya sengaja dibuat seperti itu karena merupakan refleksi stereotip orang Barat terhadap orang Asia. Tak sedikit netizen yang menganggapnya menyinggung dan merasa hal-hal seperti ini tidak bisa terus dibiarkan.

Jika diperhatikan, model wanita yang tampil dalam iklan memang memiliki mata monolid. Ia terlihat dirias dengan garis eyeliner tajam baik di bagian bawah dan atas sehingga memberi kesan mata yang semakin sempit. Netizen menilai jika tampilan tersebut adalah stereotipe orang-orang Asia dari abad ke-19.

iklan mercedes benziklan mercedes benz Foto: Weibo

Iklan untuk sedan CLS tersebut baru diunggah pada 25 Desember lalu. Mendatangkan kritik, sekarang iklan yang memang dipasarkan untuk pasar China itu sudah tidak bisa ditemukan di Weibo.

Mercedes Benz pun bukan brand pertama yang dihujat karena dianggap masalah stereotipe penampilan orang Asia. Sebelumnya Dior juga mendapat masalah serupa karena menampilkan model wanita berbusana tradisional China tapi dengan makeup yang tidak cantik sehingga dianggap seperti merendahkan. Adapun brand Three Squirrels yang meminta maaf setelah dikritik karena juga menampilkan model bermata sipit.

(ami/ami)