Kata Miss Afrika Selatan yang Ditentang Ikut Miss Universe: Seperti di Neraka

Tim Wolipop - wolipop Senin, 13 Des 2021 21:13 WIB
lalela mswane Foto: Instagram @lalela_mswane
Jakarta -

Keterlibatan Lalela Mswane yang berkompetisi di Miss Universe 2021 menuai pro dan kontra. Pemenang Miss Afrika Selatan 2021 itu ditentang oleh pemerintah negaranya untuk ikut serta Miss Universe. Di tengah kontroversi itu, Lalela malah masuk menjadi juara di kompetisi kecantikan sejagat itu. Lalela Mswane menjadi runner up kedua Miss Universe 2021 yang digelar di Eilat, Israel, Minggu (12/12/2021).

Kontroversi Lalela Mswane Ikut Miss Universe 2021

Miss Afrika Selatan 2021 ini keberangkatannya ke Miss Universe 2021 ditentang oleh negaranya karena kontes kecantikan tersebut digelar di Israel. Lalela bahkan diminta oleh negaranya untuk ikut serta memboikot Miss Universe karena telah menggelar di negara yang berkonflik dengan Palestina itu. Sementara pihak penyelenggara kontes kecantikan Miss Afrika Selatan bersikeras untuk tetap memberangkatkan Lalela ke Miss Universe. Alasannya karena Miss Universe bukanlah ajang berbau politik.

"Terbukti sulit meyakinkan penyelenggara kontes Miss Afrika Selatan untuk mempertimbangkan kembali keputusan untuk mengambil bagian dalam acara Miss Universe," ujar pihak dari Kementerian Seni dan Budaya Afrika Selatan, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Dengan keras pemerintah Afrika Selatan menarik dukungan kepada Lalela untuk bergabung di kompetisi Miss Universe. Ditambahkan sumber, dengan alasan kemanusiaan Afrika Selatan tidak bisa menerima kekejaman yang telah dilakukan oleh Israel terhadap Palestina.

Lalela Mswane Mengaku Seperti di Neraka

Dalam wawancara dengan The Jerusalem Post belum lama ini, wanita 24 tahun itu akhirnya buka suara atas keterlibatannya di Miss Universe 2021 yang menuai kontroversi. Wanita lulusan fakultas hukum dari University of Pretoria itu mengaku hidupnya tidak tenang jika tidak ikut berkompetisi ratu kecantikan sejagat ini.

"Jiwaku tidak akan damai jika melewatkan kontes ini," ucapnya.

Meski mendapatkan banyak serangan dari negaranya sendiri, namun Lalela mengaku tetap optimis. Dia bahkan mengaku hidupnya seperti di neraka karena berbagai kecaman yang ia terima.

"Orang-orang tertentu telah menempatkanku di neraka dan kembali. Ini tidak mudah untuk diatasi. Tapi aku memilih untuk optimis. Segalanya yang terjadi mengingatkanku akan kebesaran-Nya dan itulah mengapa aku ada di sini," ungkap Lalela.

Lalela Mswane Bersinar di Miss Universe 2021

Lalela Mswane masuk ke babak lima besar di Miss Universe 2021 yang diikuti Miss India Harnaaz Sandhu, Miss Paraguay Nadia Ferreira, Miss Colombia Valeria Ayos and Miss Filipina Beatrice Luigi Gomez. Shandu membawa mahkota Miss Universe 2021. Miss Paraguay menjadi runner up pertama, sementara Lalela menjadi runner up dua.

Di ajang tersebut, Lalela cukup diperhitungkan oleh juri dengan jawaban-jawabannya yang cerdas. Dalam pernyataannya di panggung, wanita 24 tahun itu meminta remaja putri untuk lebih berani dalam mengambil kesempatan.

"Memilih keberanian daripada kenyamanan di setiap kesempatan yang mereka dapatkan. Aku ingin para remaja putri mengetahui bahwa sejak awal mereka memiliki segalanya dalam diri mereka untuk mencapai apa pun yang mereka inginkan, dunialah yang meyakinkan bahwa kita tidak," ucapnya.

Hari sebelumnya, Lalela bersinar dalam kompetisi kostum nasional. Dia mengenakan busana putih sebagai simbol kedamaian dengan tema 'Dove of Peace.'



Simak Video "Selain Indonesia, Negara Ini Juga 'Skip' Miss Universe 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)