Lalela Mswane, Runner Up yang Ditentang Negara Ikut Miss Universe di Israel

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 13 Des 2021 14:30 WIB
lalela mswane Foto: Instagram @lalela_mswane
Jakarta -

Miss Universe 2021 yang baru saja berlangsung di Israel dimenangkan oleh Harnaaz Sandhu dari India. Sedangkan gelar runner-up pertama jatuh pada Lalela Mswane. Perjuangan dan kemenangan Lalela mengikuti ajang kecantikan ratu sejagad itu pun mengundang pujian. Sebelumnya ia mendapat tentangan dari negaranya sendiri bahkan di-bully di media sosial.

Penyelenggaraan Miss Universe 2021 di Israel menjadi kontroversi. Beberapa aktivis hak asasi manusia dan pegiat pro-Palestina mengkritik acara itu diadakan di sana. Tak sedikit orang Afrika Selatan menentang dan menuduh Lalela mendukung negara Apartheid karena bertekad mengikuti acara tersebut.

Pemerintahnya sendiri menarik dukungannya untuk keikutsertaan Miss South Africa 2021. Afrika Selatan memang punya sejarah panjang dalam mendukung orang-orang Palestina untuk bisa merdeka dari Israel.

lalela mswanelalela mswane Foto: Instagram @lalela_mswane

Lalela sendiri mengaku harus ikut dalam ajang final ratu kecantikan itu karena tak mau menyesal. "Jika aku tidak datang ke Israel untuk bertanding di ajang Miss Universe, aku pikir aku akan menyesal seumur hidup. Jiwaku tidak akan tenang kalau melewatkannya," kata Lalela dilansir The South African.

Mengenai serangan komentar tidak menyenangkan, wanita 24 tahun itu mengaku hal itu berat baginya tapi memilih untuk terus lanjut. "Itu bukan hal termudah untuk dihadapi. Aku mendapat berbagai macam komentar di media sosial tapi aku memilih untuk optimis," lanjutnya.

lalela mswanelalela mswane Foto: Instagram @lalela_mswane



Tak sia-sia, Lalela Mswane berhasil pulang membawa gelar. Ratu kecantikan itu sendiri memang dijagokan karena talentanya. Ia diketahui adalah seorang model sekaligus penari ballet yang lulus dari jurusan hukum. Lalela juga pandai bernyanyi dan fasih berbahasa Zulu, Perancis, sekaligus Inggris.

Ditambah lagi Lalela juga punya sisi dermawan. Tahun lalu ia menderikan Lalela Mswane Foundation untuk mendukung anak muda agar bisa meraih impian mereka melampaui batas.

Wanita yang dikontrak agensi Alushi models tersebut datang dari keluarga elite. Dilaporkan Conan Daily, ayahnya pernah menjadi seorang diplomat dan menteri. Selain Miss Universe, Lalela Mswane dilaporkan juga akan mewakili negaranya dalam ajang Miss World 2022 dan Miss Supranational 2022.

(ami/ami)