Snowdrop Tuai Kecaman Netizen Korea, Iklan dari Fans Jisoo BLACKPINK Dihapus

R Chairini Putong - wolipop Kamis, 02 Des 2021 13:15 WIB
Teaser Poster Snowdrop Poster Snowdrop. Foto: Dok. JTBC
Jakarta -

Drama Korea Snowdrop yang dibintangi Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In telah dinantikan penggemar. Namun, sejumlah netizen Korea mengecam poster promosi Snowdrop yang dipasang penggemar Jisoo di stasiun kereta bawah tanah Seoul. Pasalnya, drama Korea Snowdrop yang berlatar tahun 1987 menggambarkan Korea Selatan di bawah pemerintahan diktator.

Syuting drama Korea Snowdrop dimulai sejak November 2020. Namun, pada Maret 2021, drama Korea Snowdrop terseret kontroversi saat netizen Korea melancarkan boikot massal. Alur ceritanya dinilai sensitif dan dikhawatirkan merusak penggambaran sejarah.

Netizen Korea menyadari pada tahun itu banyak mahasiswa pengunjuk rasa yang disiksa pasukan militer dengan alibi bahwa mereka adalah mata-mata dari Korea Utara. Sementara Jung Hae In yang menjadi pemeran utama pria drama Korea Snowdrop dikisahkan sebagai mata-mata Korea Utara yang disangka mahasiswa Korea Selatan.

Masalah lain yang muncul adalah pemilihan nama pemeran utama wanita drama Korea Snowdrop. Jisoo BLACKPINK berperan sebagai Young Cho, yang sebenarnya seorang tokoh penting dalam sejarah. Young Cho adalah seorang aktivis yang berjuang melawan otoritarianisme di Korea Selatan pada 1980-an.

SnowdropJung Hae In dan Jisoo BLACKPINK Foto: (Dok. Instagram/@jtbcdrama)

Sebagai tanggapan, JTBC membantah alur cerita drama Korea Snowdrop meremehkan gerakan pengunjuk rasa mahasiswa. JTBC pun menegaskan nama karakter Jisoo BLACKPINK tak ada hubungannya dengan aktivitis Chun Young Cho. Namanya yang semula Eun Young Cho kini diganti menjadi Eun Young Ro.

Iklan Snowdrop Diprotes Netizen Korea

Baru-baru ini, fanbase Jisoo BLACKPINK asal Vietnam, Jisoonly Vietnam memasang iklan digital untuk mempromosikan drama Korea Snowdrop di stasiun kereta bawah tanah di Seoul dengan total 30 layar. Dilansir dari Koreaboo, Jisoonly Vietnam memasang iklan digital tersebut selama empat hari dari tanggal 25-29 November 2021.

Meskipun JTBC telah mengeluarkan pernyataan resmi, netizen Korea masih mengecam drama Korea Snowdrop. Tak sedikit yang mengetahui kabar pemasangan iklan digital itu dan mengajukan gugatan perdata agar iklan itu dihapus. Hal ini pun menjadi perbincangan hangat di forum online.

"Aku baru saja mengajukan gugatan perdata. Berani sekali mereka memasang iklan untuk drama seperti itu," komentar seorang netizen.

"Untuk iklan kereta bawah tanah, apa pun alasannya, setelah pengaduan perdata, itu akan dihapus," tulis seorang netizen.

"Metode yang pasti untuk (menghapus) iklan kereta bawah tanah adalah keluhan sipil," timpal netizen lain.

Sementara itu, Jisoonly Vietnam mengabarkan rencana pemasangan iklan akan ditunda dalam beberapa hari dan dipasang sebelum penayangan drama Korea Snowdrop pada 18 Desember 2021.





Simak Video "Penuh Kontroversi, Snowdrop Tak Mengecewakan dari Segi Rating"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)