Most Pop: Minta Maaf, Miss World Malaysia Sebut Malaysia Juga Punya Batik

Eny Kartikawati - wolipop Sabtu, 23 Okt 2021 19:00 WIB
Lavanya Sivaji Miss World Malaysia 2021 Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji. Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji membuat kehebohan setelah mempromosikan batik berasal dari Malaysia. Lavanya telah menyampaikan permintaan maaf lewat unggahan Instagram, namun masih diserbu kritik dari netizen Indonesia.

Melalui akun Instagram @lavanyasivaji, Miss World Malaysia 2021 itu menyampaikan permintaan maaf kepada pageant lovers atau pecinta kontes kecantikan di Indonesia. Dia menyadari bahwa batik berasal dari Jawa, begitu pula desain dan sejarahnya.

"Kepada pageants lovers khususnya di Indonesia yang aku sayangi. Aku harap kalian semua dalam kondisi sehat. Pertama-tama aku ingin meminta maaf jika telah menyinggung siapapun untuk postingan ini. Aku sadar kata Batik berasal dari Jawa begitu juga dengan desain dan sejarahnya," tulis Lavanya Sivaji pada Kamis (21/10/2021).

Dalam unggahannya, Lavanya Sivaji mengenakan gaun batik berwarna hitam yang dia sebut memiliki detail batik Malaysia. Gaun itu akan dikenakannya pada malam final ajang Miss World 2021 yang digelar pada bulan Desember di Puerto Rico.

Miss World Malaysia, Lavanya Sivaji Pilih Pizza Sebagai Makanan FavoritMiss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji Foto: Instagram @lavanyasivaji

Namun, dalam unggahannya itu, Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji tak sekadar meminta maaf. Dia menjelaskan bahwa batik tak hanya dikenal dari Indonesia. Menurutnya, ada beberapa negara lain yang memiliki batik seperti Malaysia, Sri Lanka, dan India dengan desain dan motif berbeda.

"Apakah itu batik dari Malaysia, Indonesia atau negara lainnya, aku akan selalu bangga memakai batik. Aku ingin berterimakasih pada masing-masing dari kalian karena telah mengingatkanku untuk menghargai asal usul budaya dan tradisi kita. Kapanpun aku mengenakan batik, aku bisa merasakan kekuatan dari seorang wanita sejati. Kita punya kekuatan super. Kita seorang penyembuh. Kita seorang ibu," demikian pernyataan lulusan kedokteran Universiti Pertahanan Nasional Malaysia itu.

Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji Tetap Dikritik Netizen Indonesia

Meski telah meminta maaf, unggahan Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji tetap diserbu kritik dari netizen Indonesia. Sebab Lavanya dianggap tak memahami bahwa batik merupakan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO.

Lavanya Sivaji Miss World Malaysia 2021Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji Foto: Dok. Instagram

Sekadar informasi, Hari Batik Nasional dirayakan setiap 2 Oktober karena pada tanggal tersebut batik diakui sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO. Penetepan tersebut terjadi pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Netizen Indonesia pun ramai-ramai menyampaikan informasi soal penetapan UNESCO terhadap batik Indonesia ini kepada Lavanya Sivaji. Unggahan permintaan maafnya diserbu lebih dari 2.800 komentar. Namun, Miss World Malaysia 2021 itu kini menonaktifkan kolom komentar.



Simak Video "Permintaan Maaf Miss World Malaysia soal Batik"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)