Liputan Khusus Nikah Siri dan Itsbat Nikah

Bolehkah Ijab Kabul 2 Kali Seperti Lesti Kejora & Rizky Billar? Ini Kata Ustaz

Tim Wolipop - wolipop Sabtu, 02 Okt 2021 17:30 WIB
Rizky Billar dan Lesti Kejora Foto Lesti dan Billar. Foto: Instagram @aldiphoto.
Jakarta -

Pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar membuat heboh publik usai mengakui jika mereka sudah menikah siri terlebih dahulu pada awal tahun. Padahal baru-baru ini Lesti dan Billar mengadakan akad nikah yang disiarkan langsung di televisi. Ijab kabul atau akad nikah dua kali seperti pasangan dengan julukan Leslar ini, apakah sah?

Tak ada yang menyangka Lesti dan Billar telah menikah siri sebelum menikah resmi. Sebab keduanya melakukan ijab kabul dan meresmikan acara pernikahan secara negara pada 19 Agustus 2021. Jika pasangan telah menikah siri biasanya untuk meresmikan pernikahan yang dilakukan adalah isbat nikah, bukan ijab kabul kembali.

Apa itu isbat nikah? Menurut Riswanto, SHI, Penghulu Ahli Muda di KUA Kecamatan Pasar Minggu, isbat nikah adalah permohonan pengesahan nikah siri yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sahnya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum.

Lantas bagaimana hukumnya melakukan akad nikah atau ijab kabul dua kali seperti Lesti Kejora dan Rizky Billar? Menurut Ustaz Maulana, hal tersebut bukan sesuatu yang dilarang di agama Islam.

Ustaz Maulana juga menjelaskan pernikahan siri yang dilangsungkan sebelumnya justru bisa membuat pasangan itu bisa lebih leluasa saat tampil bersama.

"Tidak ada masalah, karena ini adalah bentuk kebaikan sebenarnya. Justru kalau kita berbaik sangka, ya orang melakukan pernikahan seperti itu supaya nanti enak untuk ditampilkan," ucap Ustaz Maulana di Trans TV, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Ustaz Maulana mengatakan sebaiknya publik mengambil sisi positif dari acara pernikahan siri Rizky Billar dan Lesti Kejora. Apalagi ia menilai keduanya melakukan hal itu demi kebaikan.

"Tidak, kita tetap melihat sesuatu yang positif, yang baik justru mereka melakukan seperti itu (pernikahan siri) demi kebaikan," ungkap Ustaz Maulana.

Pendapat soal nikah siri ini juga disampaikan oleh Ustaz Solmed. Menurut Ustaz Solmed, nikah siri yang dilakukan oleh Lesti dan Billar, artinya adalah senyap dan diam.

"Kenapa disebut siri? Siri artinya senyap, diam, gak kedengaran, sir. Dari namanya aja sudah sir, senyap nggak kedengaran. Jadi wajar kalau tidak terdengar ole siapapun. Jadi wajar kalau tidak ketahuan sama siapapun," jelas Ustaz Solmed.

(gaf/eny)