BTS Pidato Soal Vaksin di UNGA PBB, Jadi Utusan Presiden Korsel

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 21 Sep 2021 08:00 WIB
BTS BTS tampil di UNGA PBB atau Sidang Umum PBB. Foto: dok. Twitter BTS_bighit
Jakarta -

BTS kembali menyampaikan pidato di Markas Besar PBB dalam acara UNGA (United Nations General Assembly) atau Sidang Umum PBB setelah tiga tahun. Kali ini, Bangtan Boys hadir bersama presiden Korea Selatan, Moon Jae In sebagai utusan khusus pertemuan SDG Moment 2021 di New York.

Pertemuan SDG Moment disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube PBB pada Senin (20/9/2021). Acara yang biasanya disaksikan politisi itu ditonton hampir 1 juta orang saat BTS berbicara di atas podium.

Dilansir dari Washington Post, lebih dari 980 ribu orang menonton BTS menyampaikan pidato. Kolom komentar pun dipenuhi dengan emoji hati berwarna ungu dari para ARMY (sebutan penggemar BTS).

Sebelumnya, BTS berbicara mengenai topik 'Speak Yourself' pada 2018. Leader grup BTS, RM kembali memimpin para personel untuk menyapa hadirin dan membuka pidato di UNGA PBB atau Sidang Umum PBB.

Alih-alih berbicara dalam bahasa Inggris, seperti pada 2018, RM berbicara dalam bahasa Korea. Dalam pidatonya, BTS berbicara mengenai pandemi COVID-19, vaksin, perubahan iklim, dan generasi saat ini.

"Kami bertujuh sudah menerima vaksin," kata J-Hope saat berpidato dalam bahasa Korea di UNGA atau Sidang Umum PBB.



RM juga memperkenalkan project kolaborasi BTS dan ARMY 'Youth Today, Your Stories'. Penggemar di mancanegara telah mengirimkan cerita pribadi tentang pengalaman mereka di masa pandemi.

"Ini bukan 'lost generation' tetapi generasi yang membuat gerakan luar biasa dengan pilihan terbatas yang mereka miliki," kata RM BTS.

"Ketimbang menyebut generasi corona sebagai 'lost generation', istilah 'welcome generation' lebih tepat. Kami akan menjadi generasi yang menyambut perubahan," timpal Jin BTS.

Masing-masing personel BTS berkesempatan untuk berbicara di atas podium. Para pemimpin dunia terlihat merekam BTS dengan ponselnya untuk mengabadikan momen bersejarah itu.

Ada pula momen di mana Deputy Secretary General PBB, Amina J. Mohammed menghampiri Jimin BTS.

BTS Menampilkan Permission to Dance

Setelah menyampaikan pidato sekitar tujuh menit, BTS menampilkan lagu 'Permission to Dance' di aula majelis umum PBB. Grup jebolan HYBE itu menjadi idol KPop pertama yang pernah tampil di Markas Besar PBB.



Beyonce menyanyikan lagu 'I Was Here' saat menghadiri sidang umum PBB pada 2012. Sementara Shakira menyanyikan ulang lagu John Lennon 'Imagine' pada 2015.

Sebelum BTS, ada pula penyanyi Palestina Mohammad Assaf, penyanyi Brazil Gilberto Gil, penyanyi India M.S. Subbulakshmi yang berkesempatan tampil di acara UNGA (United Nations General Assembly) atau Sidang Umum PBB di Markas Besar PBB.



Simak Video "Klarifikasi Pemerintah Korsel yang Disebut Tak Biayai BTS ke New York"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)