Kronologi Andre Sleigh, Petinggi Miss Supranational Hina RI Hingga Minta Maaf

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 07 Sep 2021 21:00 WIB
Jihane Almira Mengikuti Kompetisi Miss Supranational Andre Sleigh, Direktur Kreatif Miss Supranational yang dituduh hina Indonesia. Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Direktur Kreatif Miss Supranational Andre Sleigh yang viral karena videonya menghina orang Indonesia kini meminta maaf. Seperti apa kronologinya?

Sebelumnya sosok Andre Sleigh jadi atensi di kalangan pageant lovers atau fans kontes kecantikan. Sosok Andre viral karena video Instagram Live dari Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild. Dalam video tersebut Anntonia Porsild sedang makan sambil sambil terlibat sebuah percakapan dengan seorang pria. Tiba-tiba saja, pria itu menyebut nama Indonesia dengan nada kesal.

"Oh I'm so sick of these f*cking Indonesians," katanya. Pria yang menghina orang Indonesia ini diketahui sebagai Andre Sleigh, direktur kreatif Miss Supranational.

Aksi Andre Sleigh ini sampai ke telinga pihak Yayasan Puteri Indonesia. YPI merupakan organisasi yang mengirimkan wakilnya setiap tahun ke ajang Miss Supranational. Pada Miss Suprantional 2021, YPI mengirim Puteri Indonesia Pariwisata 2020 Jihane Almira yang berhasil menjadi juara favorit.

Menanggapi aksi Andre Sleigh tersebut, YPI menyampaikan pihaknya akan mengirimkan surat. Mereka ingin meminta klarifikasi pada organisasi Miss Supranational.

"Kami akan berkirim surat secara organisasi dari Yayasan Puteri Indonesia ke Miss Supranational Organization secara profesional untuk menyelesaikan masalah ini dan meminta klarifikasi mengapa hal ini bisa terjadi," ujar Mega Angkasa Kepala Departemen Komunikasi Yayasan Puteri Indonesia, Selasa (7/9/2021).

Selain itu menurut pihak YPI, Andre Sleigh juga sudah meminta maaf melalui email dan Instagram pribadinya. Direktur Kreatif Miss Supranational itu menyadari perkataannya menyakiti orang Indonesia.

"Saya sepenuhnya mengerti bahwa kata-kata saya kemarin memiliki dampak yang sangat menyakitkan pada negara yang saya cintai," kata Sleigh.

[Gambas:Instagram]



Kronologi Direktur Kreatif Miss Supranational Andre Sleigh Hina Indonesia

Adapun awal dari video yang viral tersebut, Mega Angkasa menuturkan kronologi hingga video Direktur Kreatif Miss Supranational menghina Indonesia tersebar. Menurut Mega, kasus ini bermula sejak malam grand final Miss Supranational 2021.

"Ini bermula dari malam Grand Final Miss Supranational 2021 yang berlangsung Agustus silam, di mana Jihane Almira Chedid mewakili Indonesia di ajang tersebut. Ketika terpilih Top 24 dan Top 12, ternyata Indonesia tidak masuk dalam Top 5. Beberapa pageant lover, mayoritas tidak merasa puas dengan hasil tersebut dan mengirimkan banyak direct message (DM) kepada Andre sebagai direktur kreatif Miss Supranational," tutur Mega.

Mega menegaskan bahwa orang-orang yang mengirimkan DM ke Andre Sleigh tersebut tidak mencerminkan Puteri Indonesia, maupun lembaga Yayasan Puteri Indonesia, atau bahkan negara.

"Komentar yang ditujukan langsung melalui direct massage ke Andre menyampaikan ketidakpuasan secara pribadi kepada direktur kreatif Miss Supranational. Berawal dari sana, dan berkelanjutan sahut menyahut di sosial media. Yayasan Puteri Indonesia menyampaikan bahwa ini personal antara netizen dan direktur kreatif," lanjutnya.

Buntut dari saling sahut-menyahut itu menurut Mega terus berkepanjangan, hingga akhirnya beredar video viral Andre Sleigh selaku Direktur Kreatif Miss Supranational diduga menghina Indonesia. Kini Andre sudah meminta maaf atas pernyataannya yang menghina tersebut.

Mega Angkasa pun berterima kasih kepada pageant lovers yang telah memberikan dukungan kepada para Puteri Indonesia. Selama ini pageants lovers mendukung para puteri yang berangkat ke Miss Supranational hingga Miss Universe. Fans kontes kecantikan juga sangat vokal saat Andre Sleigh diduga menghina RI.

"Atas nama YPI, terima kasih kepada pageant lover yang selama ini telah memberikan dukungan kepada para Puteri Indonesia berlaga ke ajang internasional termasuk bagaimana perjuangan pageant lover apabila votes dibutuhkan, dan kami tahu persis perjuangan mereka," tutup Mega.



Simak Video "Pencapaian Jihane Almira di Miss Supranational 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)