'Bos' Miss Supranational Hina Indonesia, Kezia Warouw: Aku Sakit Hati

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 07 Sep 2021 12:20 WIB
Kezia Warouw Kezia Warouw kecewa atas dugaan penghinaan yang dilakukan Andre Sleigh, Direktur Kreatif Miss Supranational. Foto: Instagram
Jakarta -

Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw yang pernah menjadi top 13 Miss Universe 2016 angkat bicara seputar video viral dugaan penghinaan yang dilakukan Creative Director Miss Supranational pada Indonesia. Kezia mengaku sakit hati.

Berbincang dengan rekannya sebagai host Selebrita di Trans7, Ivan Kabul, Kezia Warouw di akun Instagramnya @keziawarouw menyampaikan kekecewaannya pada sosok Andre Sleigh, Creative Director Miss Supranational. Sebelumnya sosok Andre viral karena video Instagram Live dari Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild.

Dalam video tersebut Anntonia Porsild sedang makan sambil sambil terlibat sebuah percakapan dengan seorang pria. Tiba-tiba saja, pria itu menyebut nama Indonesia dengan nada kesal.

"Oh I'm so sick of these f*cking Indonesians," katanya.

Video tersebut lantas memicu kegeraman komunitas pageant lovers di media sosial. Menurut sebuah unggahan akun @indopageants, pria yang melontarkan hinaan tersebut adalah Andre Sleigh. Andre diketahui memangku posisi penting di ajang Miss Supranational, yakni sebagai direktur kreatif.

"ENOUGH IS ENOUGH @andre.sleigh Now, it's time for us to speak up! No more silence," tulis akun tersebut.

[Gambas:Instagram]



Kekecewaan Puteri Indonesia Kezia Warouw Pada Ucapan Andre Sleigh

Berbincang khusus dengan Ivan Kabul terkait 'isu panas' dugaan penghinaan yang dilakukan Creative Director Miss Supranational Andre Sleigh, Kezia Warouw menyampaikan bagaimana dirinya tidak mau tinggal diam saat bangsa Indonesia dihina.

"Bangsa yang besar di mana aku dilahirkan diusik. Ibaratnya tangan disayat. Mau nggak mau aku turun tangan juga. Sebagai pemuda bangsa aku harus ngomong. Siapa yang mengusik bangsaku dengan kata-kata yang tidak pantas aku harus ngomong. Secara personal aku sakit hati, bangsaku dihina dengan kata-kata demikian," kata Kezia dalam unggahan Instagramnya Selasa (7/9/2021).

Menurut Kezia Warouw, sebagai seorang sosok pemimpin, Andre Sleigh tidak seharusnya melontarkan ucapan yang tidak pantas. Apalagi ucapan itu disampaikannya saat Instagram Live dengan Miss Supranational 2019 di mana dunia internasional menontonnya.

"Sebenci-bencinya dia, nggak suka sama suatu negara atau seseorang, tidak langsung ngomong. Apalagi dia seorang pimpinan. Seharusnya tidak sembarangan untuk ngomong. Dia berbicara dengan seseorang yang punya power sebagai public figure, apalagi skala internasional, menyinggung negara lain," tutur Kezia Warouw panjang lebar.

Meski sakit hati, Kezia Warouw menyampaikan sebagai bangsa Indonesia, dia berusaha tetap tidak larut dalam emosi. Dia pun meminta pada pageant lovers atau fans kontes kecantikan di Indonesia untuk bersikap serupa. Menurutnya jangan sampai karena marah bangsa Indonesia dihina, netizen RI melakukan tindakan serupa dengan Andre Sleigh.

"Kita harus berhati-hati. karena Indonesia orang-orang yang berbudaya, selalu mengedepankan tolerasi. Jangan sampai dengan permasalahan seperti ini negara kita dianggap negatif. Kalau membela hati-hati juga dengan kata-kata kita. Karena ini bukan organisasinya tapi dari personalnya saja," jelas Kezia yang saat mengikuti Miss Universe 2021 masuk sebagai salah satu top 10 Best National Costume.

Sebelum Kezia, wakil Indonesia di ajang Miss Supranational 2021, Puteri Indonesia Pariwisata 2020 Jihane Almira juga sudah memberikan pernyataan terkait ucapan Andre Sleigh yang menghina Indonesia. Jihane menyampaikan pesan bernada nasionalisme lewat sebuah unggahan di Instagram.

"Niat dan tujuan utama saya adalah untuk membanggakan dan merepresentasikan INDONESIA/NS dengan baik juga secara optimal. Apapun dan SIAPAPUN yang menyentuh negara saya, saya maju," tulis Jihane yang baru saja merilis film seri terbarunya Sianida itu.



Simak Video "Pencapaian Jihane Almira di Miss Supranational 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)