Curhat Aktor Prison Break yang Didiagnosa Mengidap Autisme di Usia 49

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 01 Agu 2021 18:07 WIB
NEW YORK, NY - JANUARY 21:  Wentworth Miller visits Wentwoth Miller (Foto: Gettyimages)
Jakarta -

Aktor Wentworth Miller yang dikenal lewat serial Prison Break baru-baru ini mengungkap fakta mengejutkan mengenai dirinya. Di usia yang sudah matang, pria tersebut baru menemukan 'kelebihan' tidak terduga yang terungkap ketika pandemi Corona. Dikatakan jika Wentworth didiagnosa autisme selama setahun belakangan. Ia pun mengaku hal itu membuatnya kaget tapi bukan sebuah kejutan.

Dalam unggahannya di Instagram baru-baru ini, Wentworth mengaku bagaimana ia awalnya didiagnosa austime. Pria 49 tahun tersebut sempat menganalisa keadaannya sendiri sebelum akhirnya mendapatkan diagnosa formal. Dikatakan jika prosesnya memang lama terlebih ia adalah pria baruh baya. Diakui Wentworth bahwa diagnosa tersebut adalah sebuah privilese yang mungkin tidak bisa diakses semua orang.

"Seperti banyak orang, hidup dalam karantina membuatku kehilangan banyak hal. Tapi dalam kesunyian/isolasi, aku menemukan kelebihan yang tidak terduga. Musim semi ini tepat satu tahun sejak aku menerima diagnosa austisme informal yang diawali dengan diagnosa sendiri. Diikuti dengan diagnosa formal," tulisnya.

"Dan aku menyadari akses untuk sebuah diagnosa adalah privilese yang banyak orang tidak bisa nikmati. Bisa dibilang ini mengagetkan tapi bukan sebuah kejutan," lanjut Wentworth.

Austisme adalah sebuah keterbatasan atau gangguan perkembangan otak yang bisa mempengaruhi kemampuan seseorang dalam berkomunikasi atau berinteraksi sosial. Austime hadir dengan berbagai macam gejala dan bisa berbeda keparahannya untuk setiap pengidap. Biasanya pria lebih mudah didiagnosa dari pada wanita tapi bisa juga terjadi sebaliknya seperti kasus Wentworth.

Pada Maret 2020 dilaporkan bahwa gangguan spektrum austime atau ASD menjadi keterbatasan perkembangan yang paling banyak dialami, tak jauh dari saat aktor Hollywood ini didiagnosa.

Sebagai pengidap autisme, Wentworth berharap bahwa ia dan orang-orang lain bisa mendobrak stigma mengenai kondisi tersebut. Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang selama ini memperlakukannya dengan baik mengingat ia punya sebuah keterbatasan yang tidak diketahui.

Wentworth pun kini tak ragu untuk menyebutkan dirinya autisme yang kurang lebih mempengaruhi kehidupannya selama ini. "Oh, ini bukan sesuatu yang akan aku ubah. Tidak. Aku tiba-tiba autisme adalah inti dari siapa aku. Untuk semua yang telah aku capai atau artikulasikan," tulisnya.

Wentworth Miller memang diketahui memiliki masalah dengan kesehatan mental dan menjadi salah satunya aktor yang sering mengampanyekannya. Pria yang dikenal lewat perannya sebagai Michael Scofield tersebut bahkan mengaku sempat mencoba mengakhiri hidupnya saat remaja.

Setelah sukses dengan serial Prison Break, Wentworth belum lagi eksis di industri hiburan. Sebelumnya ia pernah jadi perbincangan ketika mengaku gay dan menolak untuk hadir di Saint Petersburg International Film Festival di 2013 karena masalah hak asasi manusia terkait LGBT. Wentworth juga pernah membuat surat terbuka di Facebook mengenai kondisi depresi dan hampir bunuh diri ketika foto yang menunjukkan perubahan bentuk tubuhnya tersebar di internet.

[Gambas:Instagram]



(ami/ami)