Kue Pengantin Pangeran Charles dan Putri Diana 40 Tahun Lalu akan Dilelang

Hestianingsih - wolipop Jumat, 30 Jul 2021 12:00 WIB
An official family photo taken on 29 July 1981, the wedding day of Prince Charles (C-R) and Lady Diana (C-L), the Princess of Wales.  
Back Row, from L - R:  Mark Phillips, Prince Andrew, Viscount Linley, the Duke of Edinburgh, Prince Edward, the Princely Couple, Ruth, Lady Fermoy (the brides grandmother), Lady Jane Fellowes (the brides sister), Viscount Althorp (Dianas brother) and Robert Fellowes. Center row, from L - R: Princess Anne, Princess Margaret, the Queen Mother, Queen Elizabeth II, India Hicks, Lady Sarah Armstrong-Jones, Mrs. Shand Kydd (Dianas mother) Count Spencer, Lady Sarah McCorquedale (Dianas sister), Neil McCorquedale. Front row: ushers and bridesmaids. AFP PHOTO POOL / AFP PHOTO / POOL / - Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles. Foto: Dok. STR / AFP
Jakarta -

Kue pengantin dari pernikahan fenomenal Pangeran Charles dan Putri Diana akan dilelang. Potongan kue yang sudah berusia 40 tahun itu diprediksi laku terjual seharga USD 700 atau sekitar Rp 10 juta.

Potongan kue seberat 28 ons tersebut akan dilelang pada 11 Agustus 2021. Kue pengantin ini merupakan salah satu dari 27 potongan kue yang dibagikan kepada sejumlah tamu usai upacara pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana yang digelar pada 29 Juli 1981 silam.

Adalah Moyra Smith, pelayan istana Ratu Elizabeth II di Clarence House, yang menerima salah satu potongan kue tersebut. Alih-alih memakannya, dia memilih menyimpan kue tersebut dalam wadah kaleng khusus. Di atasnya terdapat tulisan, "Disimpan dengan baik - kue pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana."

Moyra menjual potongan kue tersebut kepada seorang kolektor pada 2008. Kini setelah 13 tahun, sang kolektor memutuskan untuk melelangnya. Pemenang lelang nantinya tidak hanya mendapat potongan kue tapi juga lembaran berisikan susunan acara pernikahan, detail upacara hingga menu sarapan sebelum pernikahan.

"Potongan kue itu dalam kondisi masih bagus persis seperti ketika pertama kali dijual. Tapi kami menyarankan jangan dimakan ya," ujar Chris Albury dari Dominic Winter Actioneers sebagai pihak penyelenggara lelang, seperti dikutip dari New York Post.

Kue pengantin Pangeran Charles dan Putri Diana dibuat oleh David Avery, baker utama di sekolah memasak Angkatan Laut Kerajaan di Kent, Inggris. Perlu waktu 14 minggu untuk membuat kue berwarna putih yang didekorasi dengan bunga mawar, anggrek, serta simbol-simbol ikonik dari pihak Kerajaan Inggris maupun keluarga Spencer (keluarga Putri Diana).

(hst/hst)