6 Fakta Stasiun TV Korsel Rasis di Olimpiade Tokyo, Netizen Indonesia Emosi

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 27 Jul 2021 09:30 WIB
Team Indonesia during the opening ceremony in the Olympic Stadium at the 2020 Summer Olympics, Friday, July 23, 2021, in Tokyo, Japan. (Hannah McKay/Pool Photo via AP) Kontigen Indonesia di acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Foto: AP Photo/Hannah McKay
Jakarta -

Stasiun televisi Korea Selatan, MBC tengah menjadi sorotan dunia karena dinilai rasis. Netizen Indonesia pun tak tinggal diam saat mengetahui cara MBC mengenalkan Indonesia di acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

MBC menyiarkan acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 pada Jumat (23/7/2021) pukul 20.00 KST. Mereka menyelipkan foto dan keterangan untuk 'membantu' pemirsa mengenali tiap negara, namun justru menimbulkan kontroversi.

Saat kontigen Indonesia memasuki area parade, MBC mengenalkan Indonesia sebagai negara yang memiliki GDP rendah. MBC bahkan menempatkan foto peta Indonesia di samping wajah atlet dengan penempatan titik di Malaysia.

"Negara kepulauan terbesar di dunia. Negara dengan penduduk terpadat di dunia pada urutan keempat, memiliki GDP rendah, vaksin rendah, dan enam persen penduduknya terinfeksi COVID-19," tulis MBC sebagai keterangan.

Netizen Indonesia sontak mengutuk stasiun televisi Korea Selatan itu. Mereka melontarkan kekesalan terhadap MBC di media sosial karena menampilkan keterangan yang tidak relevan, seperti tingkat persentase vaksin dan GDP.

Sementara itu, sejumlah negara diperkenalkan dengan menempatkan foto makanan. Saat atlet Italia memasuki area parade, MBC menampilkan foto pizza. Mereka juga menempatkan foto sushi untuk Jepang dan ikan salmon untuk Norway.

Sejumlah negara bahkan digambarkan dengan foto yang sensitif karena menyinggung masalah politik. MBC menempatkan foto peta Wuhan untuk China, foto tembok perbatasan Israel-Palestina untuk Palestina, dan tembok Berlin untuk Jerman.

Stasiun televisi Korea Selatan itu tak hanya dikecam netizen Indonesia dan mancanegara. Netizen Korea lebih dulu protes dan melayangkan petisi untuk menuntut para eksekutif MBC kepada Blue House (kepresidenan Korea Selatan).

Berikut 6 fakta MBC, stasiun TV Korea Selatan yang dinilai rasis saat menyiarkan Olimpiade Tokyo 2020:

1. MBC Kenalkan BTS dan Budaya Korea Selatan

MBC dinilai rasis saat mengenalkan negara yang memasuki area parade acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Lantas seperti apa stasiun televisi Korea Selatan itu mengenalkan negaranya?

Pihak MBC mengenalkan kebudayaan dan tempat bersejarah yang ada di Korea Selatan. Mereka lebih dulu menampilkan foto Gwanghamun, gerbang utama ke istana Gyeongbokgung, istana kerajaan utama selama dinasti Joseon.

Mereka juga menempatkan foto BTS, yang diberikan keterangan sebagai kebanggaan Korea Selatan. MBC kemudian menempatkan foto patung Laksamana Shin, yang dikenalkan sebagai pahlawan nasional.

2. Netizen Korea Kecam MBC

MBC menuai protes keras saat mengenalkan Ukraina di acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Stasiun televisi Korea Selatan itu menempatkan foto kecelakaan Chernobyl, yang diingat sebagai salah satu kecelakaan terburuk di dunia.

Netizen Korea yang menonton siaran langsung pun terheran-heran, dan melontarkan kekecewaan di forum komunitas Korea. "Apakah mereka gila?" "Apakah itu kecelakaan siaran?" tulis sejumlah netizen.

"Bukankah menempatkan foto sensitif seperti itu tidak sopan secara diplomatik? Itu seperti menempatkan foto insiden Ferry Sewol untuk Korea Selatan dalam perkenalan ke luar negeri," timpal seorang netizen.

Selain foto kecelakaan nuklir Chernobyl, MBC menempatkan beberapa foto yang dianggap tidak sopan oleh netizen Korea. Seperti foto Bitcoin yang digunakan untuk mengenalkan El Salvador, karena menjadi mata uang yang legal di sana namun kontroversial di Seoul.

Stasiun televisi Korea Selatan itu juga menempatkan foto kerusuhan yang terjadi di Haiti untuk mengenalkan negara tersebut. MBC menjelaskan situasi politik Haiti sebagai caption, dan foto yang digunakan merujuk pada pembunuhan Presiden Haiti, Jovenel Moise pada Rabu (7/7/2021).

3. Permintaan Maaf MBC

Setelah menyiarkan acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, MBC menyiarkan permintaan maaf karena telah menggunakan foto dan keterangan yang tidak pantas.

Permintaan Maaf MBC saat acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020Permintaan Maaf MBC saat acara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 Foto: dok. MBC

"Dalam liputan acara pembukaan hari ini, kami menggunakan foto yang tidak pantas untuk memperkenalkan atlet yang mewakili negara seperti Ukraina dan Haiti. Kami juga menggunakan kalimat yang tidak pantas untuk menyoroti beberapa negara lain. Kami meminta maaf kepada pemirsa dan orang-orang Ukraina dan negara-negara lain," demikian pernyataan pembawa acara MBC.

Terlepas dari permintaan maaf MBC, netizen Korea membuat petisi kepada Blue House (kepresidenan Korea Selatan) untuk menuntut tindakan para eksekutif stasiun televisi yang menyetujui foto-foto dan deskripsi tersebut layak disiarkan.

4. Permintaan Maaf di Twitter

MBC masih mendapat kecaman keras dari netizen Korea, karena permintaan maaf mereka yang dinilai tidak tulus. MBC akhirnya menyampaikan permintaan maaf melalui akun Twitter dengan bahasa Korea, dan hal itu membuat netizen Korea geram karena tidak akan ada negara yang mengerti.

Tak lama setelah itu, MBC memuat ulang permintaan maafnya dalam bahasa Inggris. Dalam pernyataan resmi, MBC mengatakan mereka tengah menjalani penyelidikan untuk mencari tahu "kesalahan yang tidak bisa dimaafkan."

"Kami menyadari pentingnya masalah ini selama siaran Olimpiade. Kami akan menyelidiki secara menyeluruh proses pemilihan gambar, subtitle, dan inspeksi dan secara ketat mengambil tindakan tindak lanjut berdasarkan hasil investigasi."

5. MBC Blunder Saat Pertandingan Korsel vs Rumania

Stasiun televisi Korea Selatan itu kembali membuat kesalahan lain saat meliput pertandingan sepak bola Korea Selatan dan Rumania pada Minggu (25/7/2021). Selama jeda iklan, MBC membuat keterangan "Terima kasih, Marin!"

Kalimat itu ditujukan untuk atlet sepak bola Rumania yang mencetak gol bunuh diri pada menit ke-27 dan membuat Korea Selatan unggul 1-0. Sejumlah netizen Rumania pun melontarkan kekecewaan mereka terhadap MBC di akun media sosial.

6. Dirut MBC Minta Maaf

Kontroversi MBC kian memanas, hingga akhirnya Direktur Utama MBC menggelar konferensi pers pada Senin (26/7/2021). Dirut MBC, Park Sung Je secara lansgung meminta maaf kepada Rumania karena telah mengolok-olok mereka saat menghasilkan gol bunuh diri.

"Sebagai direktut eksekutif konten MBC, saya menyampaikan permintaan maaf yang terdalam dengan kepala tertunduk kepada orang-orang yang harus melalui rasa sakit karena siaran kami yang sembrono dan ceroboh, dan kepada pemirsa yang kecewa dengan kami," kata Park Sung Je, seperti dilansir dari Yonhap News.

Direktur Utama MBC, Park Sung Je mengatakan dirinya telah mengirimkan surat permintaan maaf ke kedutaan besar Ukraina dan Rumania namun tidak dapat mengirimkannya ke Haiti, yang telah menarik diri dari Seoul. Ia berjanji akan mengubah prosedur produksi program stasiun televisi Korea Selatan tersebut.



Simak Video "Gaya Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Beri Penghormatan pada One Piece"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)