Sosok Rio Waida, Atlet Surfing yang Berbaju Adat Bali di Pembukaan Olimpiade

Kiki Oktaviani - wolipop Sabtu, 24 Jul 2021 14:14 WIB
Rio Waida Foto: Getty Images/Patrick Smith
Jakarta -

Dalam pembukaan Olimpiade, ada sosok pria yang mengenakan baju adat bali. Siapakah dia?

Dia adalah Rio Waida yang merupakan atlet surfing asal Indonesia yang ditunjuk menjadi pembuka jalan pada parade pembukaan Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). Rio berjalan paling depan memimpin kontingen Indonesia dengan mengenakan Payas Madya yang merupakan pakaian adat bali.

Busana tersebut terdiri dari kemeja putih, beskap hitam dan dua jenis kain batik Bali berbeda motif. Pemuda 21 tahun itu melengkapi busananya dengan udeng yang merupakan penutup kepala khas Bali. Uniknya, Rio memadukan unsur Jepang dalam penampilannya yakni menggunakan sandal Tatami.

Tampil gagah nan bersahaja, Rio membawa bendera merah putih yang diikuti oleh seluruh rombongan atlet Indonesia. Baik pria maupun wanita, kompak dengan kemeja merah yang dibungkus jas putih, serta celana senada. Tidak ketinggalan, masker dual-tone, merah-putih juga, yang dihiasi lambang Burung Garuda. Sneakers putih dengan tali merah ikut menyempurnakan gaya nasionalis kontingen Indonesia.

Rio WaidaRio Waida Foto: dok. Instagram/@riowaida_

"Bisa mewakili Indonesia di Olimpiade dan membawa bendera Merah Putih adalah kehormatan bagi saya dan tentunya ini momentum untuk memperkenalkan surfing agar bisa lebih dikenal di Indonesia ," kata Rio, seperti dikutip dari situs Kemenpora.

"Saya ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia adalah negara dengan potensi yang luar biasa," tambahnya.

Sosok Rio Waida

Menjadi pembuka jalan di pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, nama Rio Waida pun langsung menjadi sorotan. Rio Waida adalah atlet selancar air keturunan Indonesia-Jepang.

Rio memiliki darah Jepang dari ibunya Kaoru Waida. Semantara sang ayah Muhammad Zaini berasal dari Jawa Timur. Orangtua Rio diketahui juga pernah menjadi surfer.

Rio Waida punya target tinggi usai lolos ke Olimpiade Tokyo.Rio Waida punya target tinggi usai lolos ke Olimpiade Tokyo. Foto: dok.Istimewa

Talenta Rio dalam menerjang ombak sudah tampak sejak ia remaja. Saat usia 16 tahun, Dio memenangkan kompetisi surfing Quiksilver Young Guns Surf dan mengalahkan peselancar lainnya.

Ajang tersebut berlangsung di California dengan menghadirkan peselancar air muda dari berbagai negara. Secara membanggakan, Rio menjadi pemenang asal Indonesia pertama yang memenangkan kompetisi surfing kelas dunia itu.

Sejak saat itu, pertandingan demi pertandingan diikuti oleh Rio. Pada SEA Games 2019, Rio pun mengharumkan nama bangsa dengan menyumbang medali perak di kejuaraan selancar.

Rio kemudian masuk ke dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo di posisi lima teratas. Kini, Rio akan mewakili Indonesia dalam cabang olahraga yang untuk pertama kalinya dipertandingkan di Olimpiade tersebut.

Rio Waida akan bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 yang akan digelar di pantai Shidashita yang berjarak 64 km dari Tokyo. Cabang olahraga selancar air akan mempertandingkan dua nomor, yakni shortboard putra dan putri.



Simak Video "Gaya Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Beri Penghormatan pada One Piece"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)