5 Fakta Kris Wu yang Dituding Perkosa 30 Wanita, Warga Negara Kanada

R Chairini Putong - wolipop Senin, 19 Jul 2021 18:30 WIB
Kris Wu Kris Wu. Foto: dok. Instagram kriswu
Jakarta -

Nama Kris Wu tengah menjadi sorotan karena dituding memperkosa lebih dari 30 wanita. Du Meizhu, seorang wanita yang mengaku sebagai 'korban' Kris Wu membeberkan cara Kris Wu menjebak gadis di bawah umur termasuk dirinya. Aktor Cina itu disebut-sebut membuat 'korban' mabuk sebelum memperkosa mereka.

Menyusul ancaman Du Meizhu, Kris Wu akhirnya angkat bicara dan membantah semua tudingan melalui akun Weibo, Senin (19/7/2021). Ia mengaku baru pertama kali bertemu Du Meizhu dengan banyak orang pada Sabtu (5/12/2020). Sementara itu, Kris Wu menjadi buah bibir karena dirinya dikenal sebagai eks member EXO.

Seperti apa sosok Kris Wu? Berikut 5 fakta Kris Wu yang tengah diperbincangkan karena tuduhan pemerkosaan:

1. Kris Wu adalah Warga Negara Kanada

Pada Minggu (18/7/2021), Du Meizhu menjalani wawancara dengan Wangyi dan mengungkap jumlah 'korban' pemerkosaan Kris Wu. Ia kemudian membuat postingan di akun Weibo, meminta Kris Wu angkat bicara, dan meninggalkan Cina secepatnya.

"Segera tinggalkan Cina, kamu tidak pantas berada di tanah ini, kamu orang Kanada. Kembalilah ke tempat asalmu," tulis Du Meizhu.

Meskipun lahir di Guangzhou, Kris Wu memiliki kewarganegaraan Kanada. Pemilik nama asli Wu Yi Fan ini pindah ke Vancouver, Kanada di umur 10 tahun bersama ibunya. Ia sempat pindah kembali ke Cina di umur 14 tahun dan bersekolah di Guangzhou No. 7 Middle School.

Kris Wu dan ibunya kemudian menetap di Vancouver, di mana Kris Wu melanjutkan pendidikannya di Point Grey Secondary School dan Sir Winston Churchill Secondary School. Di umur 18 tahun, Kris Wu mengikuti audisi global SM Entertainment yang dihelat di Vancouver. Setelah lulus audisi, Kris Wu menjalani masa trainee dan dikenalkan sebagai member ke-11 EXO pada 2012.

2. Alasan Kris Wu Keluar dari EXO

Pada Mei 2014, Kris Wu mengajukan gugatan terhadap SM Entertainment untuk mengakhiri kontraknya. SM Entertainment mengaku benar-benar terkejut dengan keputusan Kris, meskipun telah menyelesaikan perselisihan mengenai kontrak kerja sama sebelumnya.

Kris WuKris Wu Foto: dok Nature Republic

Saat keluar dari EXO, Kris Wu tengah dalam promosi lagu 'Overdose'. Ia akhirnya merilis pernyataan resmi dan mengungkap alasannya keluar dari EXO pada Juli 2015. Menurutnya, SM Entertainment mengabaikan masalah kesehatan mental Kris Wu, yang menderita miokarditis dan harus minum obat agar dapat bekerja.

3. Kris Wu Terkenal Sebagai Aktor Cina

Sejak meninggalkan SM Entertainment, Kris Wu meraih popularitas di negara kelahirannya Cina. Ia memulai debut akting lewat film Somewhere Only We Know yang dirilis pada 2015 dan menempati urutan pertama box office di Cina.

Kris Wu kemudian membintangi film Mr. Six yang ditayangkan di Venice Film Festival pada 2016. Di tahun yang sama, ia mendapat tawaran membintangi film romantis So Young 2: Never Gone dan Sweet Sixteen, dan L.O.R.D: Legend of Ravaging Dynasties.

Kris WuKris Wu dan Vin Diesel Foto: dok Instagram vindiesel

Karier Kris Wu sebagai aktor Cina terus menanjak hingga mendapat tawaran membintangi film XXX: Return of Xander of Cage bersama Vin Diesel dan Samuel L. Jackson. Terbaru, ia membintangi sekuel L.O.R.D: Legend of Ravaging Dynasties pada 2020.

4. Kris Wu Lanjutkan Karier Musik sebagai Solois

Pada 2015, Kris Wu sejumlah lagu yang ditulis dan digarapnya sendiri. Lagu ciptaannya menjadi soundtrack dalam sejumlah film yang dibintanginya, seperti 'There is a Place' (film Somewhere Only We Know) dan 'Greenhouse Girl' (film Mr. Six).

Kris Wu mulai memperkenalkan gaya bermusiknya dengan sentuhan EDM dan R&B, saat merilis lagu 'July' pada 2016. Dalam selang waktu satu tahun, Kris Wu merilis video klip 'Juice' dan mewakili Cina dalam acara Grammy Awards di Los Angeles.

Ia pun berkolaborasi dengan Travis Scott saat merilis lagu 'Deserve' pada 2018. Debut albumnya 'Antares' juga menampilkan kolaborasi dengan Jhené Aiko dengan lagu 'Freedom'.

5. Eksistensi Kris Wu di Cina

Kris Wu menjadi artis termuda yang memiliki wax figure di Madame Tussauds Shanghai pada 2014. Mercedes Benz pun menunjuk Kris Wu sebagai brand ambassador di Cina, untuk produk Smart car hingga memperkenalkan "Kris Wu Edition" yang terbatas.

Tahun 2016 menandai debut Kris Wu sebagai model saat memamerkan koleksi busana pria Burberry's Fall 2016 di London. Ia menjadi non-British sekaligus orang Asia pertama yang menjadi face of the brand Burberry.

Kris WuKris Wu debut sebagai model catwalk Burberry Foto: dok Weibo Burberry

Tingkat penjualan Burberry mengalami peningkatan sejak mendapuk Kris Wu karena dukungan penggemar Cina. Brand fashion lainnya, Bulgari, pun menunjuk Kris Wu sebagai brand ambassador pada 2017.

Kris Wu bahkan termasuk dalam "30 Under 30 Asia: Celebrities" yang diumumkan Forbes pada 2017. Ia dikenalkan sebagai bintang film terlaris sepanjang masa di Cina, The Mermaid. Selain Kris Wu, ada Jessica Jung dan Eric Nam yang termasuk dalam daftar tersebut.



Simak Video "Temuan Kepolisian soal Skandal yang Jerat Kris Wu"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)