Tanyarl Artinya Apa? Ini Makna 28 Bahasa Gaul Populer di Twitter (Part 2)

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 14 Jul 2021 13:15 WIB
Stressed young woman checking her phone in a restaurant Istilah Populer Twitter. Foto: Getty Images/iStockphoto/nicoletaionescu
Jakarta -

Twitter seolah punya dunia sendiri dengan deretan istilah populer. Berbeda dengan platform lain, Twitter digunakan kaum milenial untuk mencurahkan isi hati dan menunggu update terbaru idol KPop. Istilah populer Twitter pun akhirnya digunakan dalam keseharian. Salah satunya tanyarl. Tanyarl artinya apa?

Istilah populer Twitter kerap membingungkan karena berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang disingkat. Seperti cmiiw, imo, dan alter yang banyak ditemukan dalam thread alias tweet berantai.

Sebelumnya pada bagian pertama artikel Makna 28 Bahasa Gaul Populer di Twitter sudah dijelaskan arti istilah Twitter seperti moots, au dan FWB juga tanyarl. Selengkapnya kamu bisa baca DI SINI.

Berikut bagian kedua dari 28 istilah populer Twitter yang digunakan kaum milenial:

1. CMIIW

CMIIW adalah istilah populer Twitter yang digunakan saat menyampaikan suatu hal, namun belum mengetahui pasti apakah hal itu benar. CMIIW merupakan singkatan dari kata "Correct Me If I'm Wrong" yang berarti "Koreksi aku jika aku salah."

2. Flop

Saat mengunggah sesuatu, pengguna Twitter seringkali mengharapkan balasan atau tanggapan dari pengguna lain. Istilah 'flop' yang digunakan pengguna Twitter berarti 'gagal'. Dalam artian, saat tweet tersebut sepi dari tanggapan maka termasuk flop.

3. Hyung

Istilah Hyung dipopulerkan oleh seorang selebtwit bernama Willy (@cursedkidd). Istilah ini berarti 'abang' dalam bahasa Korea. Berbeda dengan oppa, hyung digunakan sebagai sapaan dari laki-laki kepada laki-laki yang lebih tua darinya.

4. Rep

Istilah Rep kerap digunakan pengguna Twitter saat mengharapkan balasan seseorang. Rep sendiri merupakan singkatan dari kata 'Reply' yang berarti balas.

5. SJW

Istilah SJW merupakan singkatan dari kata 'Social Justice Warrior' yang berarti "pejuang keadaan sosial." Pengguna Twitter kerap menggunakan istilah ini untuk menggambarkan seseorang yang kerap membicarakan hal berbau sosial politik.

6. IMO

IMO adalah singkatan dari 'In My Opinion' yang berarti "menurutku" dalam bahasa Inggris. Istilah populer Twitter ini kerap digunakan saat beradu argumen atau bertukar informasi dengan seseorang.

7. Sambat

Saat ini, media sosial Twitter banyak digunakan sebagai 'media' sambat. Istilah sambat yang digunakan oleh pengguna Twitter berasal dari bahasa Jawa dan berarti mengeluh.

8. Misuh

Istilah misuh merupakan kata dari bahasa Jawa yang berarti berkata kasar. Pengguna Twitter kerap menggunakan istilah ini untuk orang yang sering marah-marah lewat tweet-nya.

9. Nder

Nder adalah singkatan dari 'Sender' yang berarti "pengirim" dalam bahasa Inggris. Istilah ini digunakan pengguna Twitter sebagai sapaan pada pengunggah tweet anonim di auto base.

10. Ava

Ava merupakan singkatan dari avatar. Istilah ini digunakan pengguna Twitter untuk menggantikan kata profile picture alias foto profil.

11. Alter

Alter merupakan jenis akun Twitter yang menampilkan 'alter ego' atau versi lain seseorang. Dalam akun alter, pengguna Twitter merahasiakan identitasnya dan merasa bebas untuk berekspresi.

12. ICYMI

ICYMI merupakan istilah yang digunakan pengguna Twitter untuk memberikan informasi kepada seseorang yang mungkin melewatkannya. Istilah populer Twitter ini merupakan singkatan dari 'In Case You Missed It.'

13. ISTG

Istilah ISTG kerap digunakan kaum milenial di jagat Twitter untuk meyakinkan seseorang. ISTG merupakan singkatan dari 'I Swear to God' yang berarti "Aku bersumpah kepada Tuhan" dalam bahasa Inggris.

14. SMH

SMH adalah singkatan dari 'Shaking My Head' yang berarti seseorang sedang "menggelengkan kepala". Istilah populer Twitter ini digunakan saat kaum milenial melihat seseorang yang melakukan tindakan konyol.

Itulah berbagai istilah populer di Twitter. Kini kamu tahu kan arti tanyarl, SMH, ISTG dan bahasa gaul lainnya di Twitter.



Simak Video "Wujud Masker Atlet AS yang Curi Perhatian di Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)