Lagu Baru BTS Dikomentari Kritikus Musik, Netizen Korea Dukung Bangtan Boys

R Chairini Putong - wolipop Selasa, 13 Jul 2021 13:45 WIB
BTS BTS untuk konsep foto Butter. Foto: dok. Big Hit Music
Jakarta -

BTS tengah menjadi perbincangan hangat di antara netizen Korea. Perilisan lagu 'Permission to Dance' yang memiliki lirik berbahasa Inggris menuai pro kontra. Hal itu bermula dari cuitan seorang kritikus musik yang mengkritik lagu baru BTS itu.

Bangtan Boys baru-baru ini merilis versi CD Butter untuk merayakan anniversary ARMY (sebutan penggemar BTS), Jumat (9/7/2021). Big Hit Music bahkan telah memberikan bocoran lagu baru BTS yang akan dimuat dalam album.

Pada Senin (14/6/2021), Big Hit Music mengabarkan lagu baru itu "akan membuat jantung berdetak mengikuti ritme dari energi positif BTS." Tak lama setelah itu, Ed Sheeran membocorkan dirinya terlibat dalam penulisan lagu BTS.

Big Hit Music pun akhirnya mengumumkan track list versi CD Butter. Selain 'Butter', ada lagu 'Permission to Dance' yang menandai kolaborasi kedua BTS dengan Ed Sheeran, setelah 'Make It Right' dari album MAP OF THE SOUL: PERSONA.

BTS juga menambahkan versi instrumental dari kedua lagu tersebut. Menyusul 'Dynamite' dan 'Butter', 'Permission to Dance' menjadi lagu all-English ketiga BTS yang tidak memuat lirik berbahasa Korea.

Namun, seorang kritikus musik asal Korea Selatan mengharapkan sesuatu yang berbeda dari BTS. Jung Min Jae mengutarakan perasaannya lewat cuitan di akun Twitter (@minjae_jung) setelah mendengarkan 'Permission to Dance'.

Kritikus musik itu menilai lagu 'Permission to Dance' mirip dengan lagu-lagu berbahasa Inggris BTS sebelumnya. Jung Min Jae menyinggung melodi dan lirik yang ceria seperti dalam lagu 'Dynamite' dan 'Butter'.

"Melodi dan lirik yang ceria yang menyertakan nama-nama yang akrab bagi masyarakat berbahasa Inggris dan Amerika. Ini mirip dengan lagu-lagu sebelumnya. Meskipun melelahkan mendengar tiga lagu yang mengikuti 'format lagu-hit' dalam satu tahun, lagu ini sendiri adalah yang terbaik dari ketiganya. Lebih enak di telinga dan melodinya cukup menawan," ungkap Jung Min Jae, Jumat (9/7/2021).

Jung Min Jae berharap BTS kembali merilis lagu-lagu seperti dalam album sebelumnya. Kritikus musik itu juga menyoroti prestasi BTS yang menduduki chart Billboard 100 selama tujuh minggu berturut-turut dengan lagu 'Butter'.

"Aku ingin menganggap (lagu Permission to Dance) ini sebagai rilis acara khusus. Aku ingin berpikir bahwa lagu-lagu (BTS) baru-baru ini berbeda dari lagu-lagu sebelumnya yang telah dirilis mengingat situasi khusus dengan COVID-19. Dalam rilis berikutnya, aku ingin melihat lagi keunggulan dan keberanian yang telah mereka tunjukkan dalam lagu-lagu mereka sebelumnya. Mereka telah cukup sukses mendarat di chart lagu Billboard," sambung Jung Min Jae.


Netizen Korea Mendukung BTS

Cuitan kritikus musik Jung Min Jae memicu diskusi hangat di forum komunitas Korea. Netizen Korea dan ARMY berkumpul untuk membahas komentar Jung Min Jae yang mengkritik lagu baru BTS 'Permission to Dance'.

Tak sedikit netizen Korea yang menilai lagu-lagu berbahasa Inggris BTS memberikan efek healing atau penyembuhan. Ketiga lagu all-English BTS membuat semakin banyak orang bergabung sebagai ARMY.

"Aku tidak setuju. Aku pikir banyak penggemar berbahasa Inggris yang masuk fandom dengan tiga lagu berbahasa Inggris tersebut dan sekarang mereka mendengar lagu-lagu Korea BTS," komentar seorang netizen.

"Aku bukan penggemar BTS tapi aku menerima begitu banyak healing lewat lagu Dynamite, Butter, dan Permission to Dance. Menurutku, itu lagu yang sempurna untukku," timpal netizen lain.

"Aku pikir 100% persen orang akan mengkritik BTS jika mereka merilis lagu-lagu intens seperti 'ON' atau 'Black Swan' di saat (pandemi) seperti ini," ujar seorang netizen.

Dalam perayaan FESTA tahun ini, RM BTS pun mengungkap alasannya menyukai lagu 'Butter'. Lagu all-English BTS itu diharapkan dapat mengirimkan energi positif kepada ARMY di masa pandemi COVID-19.

"Kita semua lelah dengan pandemi ini dan aku ingin bersemangat dan bersenang-senang. Kami tidak dapat mengirimkan energi itu secara langsung jadi kami mengirimkannya secara online, kita harus menikmati lagunya dengan sepenuh hati," pungkas leader BTS itu.



Simak Video "KuTips: 4 Cara Kreatif Daur Ulang Kemasan BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)