Bak Sinetron, Kisah Tragis Sepasang Kembar yang Tertukar di Rumah Sakit

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 01 Jul 2021 09:04 WIB
Business woman Foto: iStock
Jakarta -

Banyak cerita mengenai kembar terpisah yang akhirnya bertemu atau dipertemukan setelah dewasa. Jika banyak anak kembar tidak dibesarkan bersama karena kondisi keluarga berbeda dengan dua wanita ini yang kisahnya bak sinetron. Dilaporkan bahwa kembar tersebut terpisah karena tertukar di rumah sakit. Hal tragis itu pun tidak sengaja terungkap setelah 19 tahun.

Pertemuan kembar tertukar di rumah sakit ini berawal ketika wanita bernama Adryani Iwani Ibeni Yanin asal Malaysia mengikuti acara kemping motivasi. Saat itu ia bertemu murid-murid dari sekolah lain yang mengatakan wajahnya mirip dengan teman mereka bernama Notirah Husin. Mereka mengaku sangat terkejut melihat bagaimana Adryani dan Noratirah terlihat identik lalu Adryani meminta ditunjukkan fotonya.

"Aku meminta mereka menunjukkan foto Noratirah dan mereka membagikan akun Instagram dia padaku. Aku mengatakan pada saudari kembarku dan dia setuju Noratirah dan aku terlihat sama tapi ketika aku bercerita pada ibu dia mengindahkannya. Jadi aku melupakannya dan menganggap kemiripan kami kebetulan," ujarnya dilansir kantor berita Bernama.

[Gambas:Instagram]



Namun takdir akhirnya mempertemukan mereka ketika Adryani dan Noratirah bertemu di sebuah karnaval di Kota Bharu pada Maret 2019. Saat bertatap muka, mereka sendiri terkejut melihat persamaan wajah dan bentuk tubuh. Adryani mulai curiga ketika temannya mengatakan mereka juga lahir di tanggal yang sama.

"Itu membawa Noratirah mengontakku melalui Instagram dan sejak itu kami mendiskusikan banyak hal dan menemukan terlalu banyak kesamaan antara kami berdua untuk dianggap sebagai kebetulan. Jadi kami memutuskan untuk melakukan tes DNA," kata Adryani.

Kedua belah pihak keluarga akhirnya melakukan tes DNA di Hospital Universiti Sains Malaysia (HUSM) Kubang Kerian, Kelantan untuk memecahkan misteri kemiripan mereka. Dan hasilnya Adryani dan Noratirah terbukti 99,99% saudara kembar. Mereka tampaknya tertukar di rumah sakit karena anak yang diketahui sebagai kembar Adryani yakni Adryana Iwani adalah anak dari orangtua Noratirah.

Selama 19 tahun belakangan, Adryani dan Adryana hanya mengetahui bahwa mereka kembar tidak identik. Padahal mereka bukan saudara sama sekali. Tentu hal ini sangat mengejutkan mereka terlebih kedua orangtua Adryani. Meski begitu keluarga lebih mengkhawatirkan kondisi mental Adryana yang mengetahui bahwa selama ini ia bukan bagian dari keluarga.

Dilaporkan bahwa keluarga Adryani masih tetap menganggap Adryana sebagai anak mereka terlebih ibu kandungnya sudah meninggal dan ayahnya juga wafat dua bulan setelah tes DNA. Mereka pun akan mengambil tindakan hukum terhadap peristiwa tragis yang disebabkan kesalahan staf rumah sakit tersebut.

(ami/ami)