10 Artis Korea Pernah Tinggal di Indonesia, Ada yang Lahir di Jakarta

R Chairini Putong - wolipop Rabu, 30 Jun 2021 07:30 WIB
Dita Karang Secret Number (dok. Vine Entertainment) Dita Karang 'Secret Number' (dok. Vine Entertainment)
Jakarta -

Tak semua artis Korea lahir dan besar di negara asalnya. Sejumlah artis Korea yang sukses dan terkenal ternyata pernah tinggal di Indonesia. Siapa saja artis Korea pernah tinggal di Indonesia?

Beberapa artis Korea pernah tinggal di Indonesia, menempuh pendidikan dan mengikuti bisnis orang tua di dalam negeri. Tak sedikit pula yang berasal dari Indonesia dan meraih popularitas di Korea Selatan.

Berikut 10 artis Korea yang pernah tinggal di Indonesia:

1. Jenny Kim

Jenny Kim termasuk dalam deretan artis Korea pernah tinggal di Indonesia. Kepada CNN Indonesia, Jenny mengungkap dirinya tinggal di Jakarta selama 18 tahun, sejak berumur satu tahun hingga menamatkan SMA (1995-2013).

Jenny KimJenny Kim Foto: dok. Miss Supranational

Lulusan Universitas Wanita Ewha ini mendapat motivasi dari gurunya untuk mengikuti kontes kecantikan. Ia kemudian mengikuti ajang Miss World Korea 2015 dan mendapat gelar Miss Congeniality dalam ajang Miss Universe 2016.

Jenny Kim lahir di Korea Selatan pada 22 November 1994. Selama tinggal di Indonesia, ia menempuh pendidikan di Jakarta International School dan Gandhi Memorial International School lalu berkuliah di Korea Selatan.

2. Jung Joon Young

Tak banyak yang tahu bahwa Jung Joon Young lahir di Indonesia. Hal itu diungkapnya saat tampil di acara KBS2 '1 vs. 100' pada 2013. Cast acara 2 Days & 1 Night itu juga mengungkap kemampuannya berbicara dalam lima bahasa.

LOS ANGELES, CA - AUGUST 10:  Singer Jung Joon Young attends the Mnet America show Danny From LA (DFLA)  KCON 2014 - Day 2 at the Los Angeles Memorial Sports Arena on August 10, 2014 in Los Angeles, California.  (Photo by Valerie Macon/Getty Images)Jung Joon Young Foto: Valerie Macon/Getty Images

"Aku lahir di Indonesia, tetapi aku menghabiskan masa sekolahku di Cina, Prancis, Filipina, Jepang, dan negara lain. Aku dapat berbicara lima bahasa: Inggris, Jepang, Cina, Tagalog, dan Korea," ungkap pria kelahiran 21 Februari 1989 itu.

Ayah Jung Joon Young, Jung Hak Chun adalah seorang pengusaha yang bepergian ke banyak negara untuk urusan bisnis. Ia mulai pindah ke Korea Selatan pada 2008 untuk memulai karier musiknya dan ikut acara Superstar K4.

3. Joo

Jung Min Joo adalah solois jebolan JYP Entertainment yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Joo. Kakak perempuan dari Ilhoon BTOB ini menghabiskan masa kecilnya di Indonesia karena mengikuti pekerjaan ayahnya di Cilegon.

JOOJOO Foto: dok. JYP Entertainment

Hal itu diungkap oleh Joo kepada GADIS, sehari sebelum tampil di acara Jakarta FantastiK-Pop Festival pada 2011. Tahun itu, ia baru saja merilis EP Heartmade dan menjadi pengisi acara bersama grup KPop missA dan 2AM.

"Ya, waktu kecil, ayahku kerja di daerah pantai di Cilegon, Indonesia. Aku pernah menetap di Indonesia waktu aku berumur tiga tahun. Jadi, Indonesia bukan negara yang asing lagi buat aku. Tapi, kalau untuk perform sih, ini kedatangan aku yang pertama kali ke Indonesia," ungkap Joo, seperti dilansir dari GADIS.

4. Tablo

Penggemar variety show Return of Superman pasti sudah tak asing dengan sosok Tablo, ayah dari Lee Haru. Personel grup Hip Hop Korea EPIK HIGH ini pun termasuk deretan artis Korea pernah tinggal di Indonesia karena mengikuti ayahnya.

[Gambas:Instagram]

Dalam wawancara eksklusifnya dengan Yonhap, terungkap bahwa Tablo lahir di Jakarta pada 22 Juli 1980. Ia bahkan lebih dulu belajar bahasa Indonesia sebelum mempelajari bahasa ibunya, karena tinggal di Jakarta selama tiga tahun.

Ayah dari pemilik nama asli Lee Seon Woong ini bekerja di bidang konstruksi. Setelah tinggal di Jakarta, Tablo pindah beberapa kali ke Swiss dan Hong Kong, hingga akhirnya bersekolah di Kanada sejak umur 8 tahun hingga lulus kuliah.

5. Jangjun Golden Child

Jangjun Golden Child lahir dan besar di Korea Selatan pada 3 Maret 1997. Namun, ia termasuk deretan artis Korea pernah tinggal di Indonesia karena mengikuti kakak perempuannya yang tinggal di Surabaya, bahkan belajar bahasa Indonesia.

Jangjun Golden ChildJangjun Golden Child Foto: dok. Men's Health

Saat menjadi bintang tamu acara radio KBS World, Jangjun mengungkap ia tinggal di Surabaya selama satu bulan. Selama itu pula ia menghabiskan waktunya dengan berjalan-jalan ke Gunung Bromo, Taman Safari, dan seringkali ke Alfamart.

"Aku pernah tinggal di Surabaya. Aku sering jalan-jalan waktu itu. Gunung Bromo! Aku pernah ke sana juga dan Alfamart. Aku sering banget ke sana," cerita Jangjun.

Klik selanjutnya untuk melihat kisah deretan artis Korea pernah tinggal di Indonesia, seperti Dita Karang dan Ayana Moon.

Selanjutnya
Halaman
1 2