Pangeran Harry Pakai Gelarnya di Akte Kelahiran Anak, Padahal Sudah Dicopot

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 25 Jun 2021 10:32 WIB
Potret Pertama Meghan Markle dan Pangeran Harry Pangeran Harry dan Meghan Markle. Foto: Instagram: @misanharriman
Jakarta -

Pangeran Harry ketahuan masih menggunakan gelarnya His Royal Highness di akte kelahiran anaknya. Padahal Ratu Elizabeth II sudah mencopot gelar tersebut dari Harry.

Pemakaian gelar HRH atau His Royal Highness ini terungkap dari dokumen akte kelahiran anak kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle, Lillibet, yang dirilis Daily Mail. Pada akte kelahiran Lillibet terlihat pada bagian nama orangtua tertulis sang ayah adalah Duke of Sussex dan His Royal Highness. Sedangkan nama ibu di akte Lillibet tertulis Rachel Meghan Markle.

Akte kelahiran menurut Daily Mail, merupakan dokumentasi publik di California, Amerika Serikat, negara bagian yang kini menjadi tempat tinggal Pangeran Harry dan Meghan Markle. Pada akte kelahiran anak Harry dan Meghan tertulis nama lengkap sang bayi adalah Lilibet Diana Mountbatten-Windsor.

Meghan Markle, melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin perempuan pada Jumat (4/6/2021) pukul 11.40. Meghan dan Pangeran Harry memberikan nama indah yakni Lilibet Diana. Lilibet merupakan nama panggilan nenek Pangeran Harry, Ratu Elizabeth II, saat kecil. Mendiang suami Sang Ratu, Pangeran Philip juga memanggilnya dengan nama kesayangan itu.

Sementara Diana yang menjadi nama tengah Lilibet Diana diambil dari nama ibu Pangeran Harry, Putri Diana. Penggabungan nama tersebut menjadi tribut bagi Pangeran Harry yang mencintai dua orang tercintanya. Lilibet Diana sendiri akan dipanggil Lili oleh kedua orangtuanya.

Mengenai gelar His Royal Highness yang masih digunakan Pangeran Harry, sebelumnya pada Januari 2020, pihak Kerajaan Inggris sudah mengumumkan pencopotan gelar tersebut. Keputusan Harry dan Meghan keluar dari Kerajaan Inggris lah yang berujung pada pencopotan gelar kerajaan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

"The Sussexes tidak akan memakai gelar HRH sebagaimana mereka tidak lagi mengabdi sebagai anggota keluarga Kerajaan," demikian bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip Daily Mail.

Meski kehilangan gelar kerajaannya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Harry juga masih berada di urutan keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris.

Pencopotan gelar juga pernah dialami mendiang ibu Harry, Puteri Diana. Diana tidak boleh memakai Her Royal Highness setelah resmi bercerai dari Pangeran Charles.



Simak Video "Arti Nama 'Lilibet Diana', Anak Meghan Markle-Pangeran Harry"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)