7 Langkah Saat 'Ditusuk' Sahabat dari Belakang Seperti Olla Ramlan Vs Nindy

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 24 Jun 2021 12:44 WIB
Olla Ramlan Olla Ramlan/Foto: Instagram: @ollaramlanaufar
Jakarta -

Belakangan ini perseteruan antara Olla Ramlan dan Nindy Ayunda tengah banyak diperbincangkan. Nindy sendiri dikabarkan telah 'menusuk' Olla dengan membicarakannya dari belakang. Hal itu diketahui Olla melalui sebuah rekaman suara yang didengarnya. Padahal Olla Ramlan dan Nindy Ayunda sendiri tergabung dalam geng sosialita yang sama. Di mana anggota lainnya ada Ussy Sulistiawaty, Ashanty, serta Ririn Ekawati.

Membicarakan seseorang dari belakang memang bukanlah hal yang baik, terutama jika hal itu dilakukan oleh seorang sahabat. Perasaan kesal dan kecewa yang diakibatkan dari hal tersebut mungkin bisa berlangsung lama dan tak mudah pulih. Jika kamu juga merasa 'ditusuk' sahabat dari belakang seperti Olla Ramlan, maka berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dilansir dari Elite Daily.

1. Batasi Interaksimu Dengannya

Jika kamu sudah mendengar bahwa sahabatmu telah membicarakanmu dari belakang maka langkah paling tepat yang harus kamu ambil adalah membatasi interaksimu dengannya. Kamu harus lebih berhati-hati. Namun sebelumnya kamu juga mungkin perlu mempertimbangkan siapa orang yang mengatakannya kepadamu. Tetapi jika kamu sudah benar-benar yakin bahwa sumbermu itu terpercaya, maka cobalah memberi jarak untuk hubunganmu dengan sahabat yang telah membicarakanmu dari belakang.

Mungkin saja hal itu hanyalah sebuah kesalahpahaman. Itulah mengapa kamu perlu unttuk menyelidikinya terlebih dahulu. Namun jangan pernah memberikan sahabat palsumu itu kesempatan untuk menggunakan kata-katamu sendiri untuk balik melawanmu.

2. Hadapi Gosip Tanpa Menuduhnya

Jika banyak yang bertanya padamu seputar gosip yang tengah beredar maka cobalah untuk tetap tenang. Kamu tak perlu membalasnya dengan menuduh sahabat palsumu itu dan membuat keadaan semakin memanas. Kamu hanya perlu membiarkan mereka mengetahui bahwa ada seseorang yang sedang membicarakanmu dari belakang dan kamu tidak menyukainya. Namun tak perlu menyebutkan nama atau petunjuk mengenai siapa dalang di baliknya. Hal itu akan membuat orang lain juga menjadi lebih waspada.

3. Berhenti Membagi Rahasiamu

Kalau memang sahabatmu itu sudah terbukti membicarakanmu dari belakang, maka tak ada alasan lagi bagimu untuk mempercayainya. Jadi berhentilah untuk membagikan rahasia-rahasiamu kepadanya. Jika kamu memang membutuhkan seseorang untuk curhat, maka lebih baik mencari teman lain yang tidak mengenal sahabat yang membicarakanmu. Dengan cara ini, sahabat palsumu tidak bisa lagi membagikan informasi rahasiamu kepada orang lain.

4. Habiskan Waktumu dengan Sahabat Sejatimu

Kamu perlu mengingatkan kepada dirimu sendiri dan juga sahabat yang telah 'menusukmu' dari belakang bahwa kamu tidak membutuhkan hal-hel negatif semacam itu di hidupmu. Kamu tidak memiliki kewajiban untuk tetap menyimpan sahabat palsumu itu di dalam hidupmu. Jadi kamu bisa bebas membuang hal-hal yang negatif atau tidak dewasa seperti sahabat palsumu itu. Lagipula kamu memiliki sahabat sejati yang akan menghormati dan menjaga rahasia yang kamu bagikan.

5. Berikan Dirinya Ruang

Saat kamu sedang sibuk memilih mana yang benar-benar merupakan sahabat sejatimu dan yang tidak, sahabat palsumu itu mungkin sedang memulai drama karena ketidakberhasilan dirinya untuk mengelabuimu. Dia mungkin akan mulai berpaling ke orang lain dan meninggalkanmu. Namun dia akan menyadari bahwa 'penusukan' yang dilakukannya tidak berpengaruh pada dirimu.

6. Berikan Komentar yang Santai dan Bijaksana Untuknya

Jika sahabat palsumu itu terus melakukan perilaku kekanak-kanakannya, maka tak perlu ragu untuk memberikan komentar dan membela dirimu sendiri. Namun perlu diingat bahwa komentar yang kamu buat harus tetap terlihat santai dan bijaksana. Memang, menghindari konflik dalam suasana seperti ini rasanya sangat sulit dilakukan. Kamu mungkin bisa langsung membicarakan kekesalan dan kekecewaanmu kepada sahabat palsumu itu tanpa langsung menuduhnya. Dengan demikian dirinya mungkin akan mendapat petunjuk dan menghentikan perilakunya.

7. Langsung Selesaikan Masalahmu di Depan Sahabat-sahabatmu

Jika kamu merasa benar-benar perlu memperbaiki situasi yang rumit antara dirimu dan sahabat palsumu itu, maka kamu bisa meminta bantuan teman untuk mendukungmu. Mereka bisa membantumu menghadapi sahabat palsumu itu dengan langsung dan mungkin menyenangkan. Sahabat-sahabatmu bisa hadir bersamamu sebagai salah satu dukungan secara diam-diam untukmu.

(vio/vio)